Hotel Indonesia, Hotel Bintang Lima Pertama di Indonesia yang Dibangun Untuk Asian Games 1962

Hotel Indonesia, Hotel Bintang Lima Pertama di Indonesia yang Dibangun Untuk Asian Games 1962

Potret Hotel Indonesia di Tahun 1962 © Pinterest

Beberapa kawan GNFI pasti sudah mengetahui jika di tahun 1962 Indonesia pernah menjadi tuan rumah gelaran Asian Games keempat. Kala itu, Presiden RI tak hanya menggagas stadion juga tugu untuk menyambut pesta olahraga Asia tersebut. Pembangunan hotel sebagai salah satu akomodasi di Asian Games 1962 pun turut dilakukan.

Ialah Hotel Indonesia, yang dibangun di pusat kota Jakarta dengan menempati luas lahan 25.082 meter persegi. Hotel Indonesia dirancang oleh seorang arsitek asal Amerika Serikat, Abel Sorensen dan istrinya, Wendy. Hotel ini pun dibangun dengan konsep modern minimalis dengan tambahan nuansa Sumatera Barat.

Di tahun 1960-an, hotel dengan gedung berdenah bentuk T tersebut jelas merupakan bangunan yang luar biasa megahnya. Bahkan Hotel Indonesia tercatat sebagai salah satu hotel bintang lima pertama di Indonesia. Di dalam hotel tersebut tersimpan aneka fasilitas penunjang seperti halnya elevator (yang saat itu hadir pertama kali di hotel di Indonesia), klub dansa, dan kolam renang terbuka.

Pembukaan Hotel Indonesia Oleh Presiden Soekarno | Sumber dok: Hotel Indonesia
Pembukaan Hotel Indonesia Oleh Presiden Soekarno | Sumber dok: Hotel Indonesia

Dilansir melalui Kompas, Hotel Indonesia pertama kali dibuka pada tanggal 5 Agustus 1962. Bahkan disebut terdapat Ganesha Wing dengan delapan lantai dan Ramayana Wing sebanyak 16 lantai.

Hotel Indonesia pun selain menjadi akomodasi atlet dan perwakilan negara Asian Games, juga ditujukan sebagai identitas Indonesia dan pusat informasi wisata bagi para wisatawan asing. Dulunya bahkan terdapat aneka seni rupa terkait Indonesia yang ada di sana yakni patung, lukisan, relief, sampai mosaik dinding yang semuanya menggambarkan keindahan Indonesia.

Potret Hotel Indonesia di Era Ini | Sumber dok: CitySeeker
Potret Hotel Indonesia di Era Ini | Sumber dok: CitySeeker

Pada perkembangannya Hotel Indonesia juga menjadi salah satu tempat menginap utama bagi beberapa tamu negara yang berkunjung ke Indonesia. Lebih dari itu, di tahun 1993 Hotel Indonesia ditetapkan sebagai Cagar Budaya oleh Pemda DKI Jakarta.

Sumber: Kompas

Pilih BanggaBangga81%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau5%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bentang Ruas Tol Terpanjang di Pulau Jawa Itu Dikenal Map sebagai Jalan Tol Salatiga-Kertosono Sebelummnya

Bentang Ruas Tol Terpanjang di Pulau Jawa Itu Dikenal Map sebagai Jalan Tol Salatiga-Kertosono

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Aninditya Ardhana Riswari
@anindityaar_1997

Aninditya Ardhana Riswari

anindityaardhana.wordpress.com

Perempuan dua puluh satu tahun. Bahagia saya sederhana, nonton film dan karaokean seorang diri cukup membuat saya sumringah. Menulis, membaca, dan menyanyi adalah tiga aktivitas yang saya lalui untuk mengisi waktu luang. Pecinta greentea dan penggemar berat band kawakan Indonesia, Kahitna.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.