ASIAN Games, Indonesia Dukung Sportifitas !

ASIAN Games, Indonesia Dukung Sportifitas !
info gambar utama

ASIAN GAMES 2018, INDONESIA DUKUNG SPORTIFITAS !


www.goodnewsfromindonesia.co.id | Indonesia merupakan salah satu negara yang selalu ikut serta dan tidak pernah absen dalam mengikuti Asian Games yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini. Indonesia telah mengikuti pertandingan bergengsi, Asian Games sejak tahun 1951.

Asian Games merupakan pertandingan olahraga ke-2 terbesar yang diikuti lebih dari 40 negara di dunia. Nah, di tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam Asian Games yang ke-18. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1962.

Sebagai tuan rumah, sudah sepatutnya Indonesia bersikap toleran dan sportif dalam pertandingan, tidak hanya berlaku bagi atlet pemain, tapi juga bagi pendukung. Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut berbangga mempunyai atlet-atlet yang berkualitas. Bukan hanya itu, atlet kita juga dapat bersikap sportif dan toleran dalam bertanding dengan lawannya dari negara lain.

Pertandingan Bdminton Asian Games 2018

Nah, buat suporter dari Indonesia juga harus lebih bijak. Kita percayakan keputusan akhir pada juri masing-masing pertandingan. Jangan langsung terpancing emosi, sebelum mengetahui kejadian yang sebenarnya. Mereka menang kita sanjung, kalah kita dukung. Sama seperti pemain, sebagai suporter kita juga harus selalu berpikir optimis dan damai. Indonesia terkenal dengan sikap ramah dan toleransinya di mata dunia, lalu mengapa kita harus bersikap sebaliknya dengan tidak bersikap sportif. Tidak masalah jika kita bersikap emosional dalam mendukung para atlet kita, tetapi tidak berlebihan. Sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidak baik, kan? Jangan sampai negara lain menilai Indonesia tidak bersikap sportif. Arti sportif yang sebenarnya itu bukan sekedar bermain adil, ataupun tidak curang dalam bertanding, tapi juga bagaimana cara kita menghargai lawan juga wasit/juri dalam pertandingan. Bahkan, official theme song Asian Games 2018 juga ikut mengajak kita semua menggalangkan sikap sportifitas.

"Kalau menang, berprestasi

Kalau kalah, jangan frustasi

Kalah menang, solidaritas

Kita galang, sportifitas"

Jadi, sudah tahu, kan sportifitas bukan hanya bagi pemain saja tapi, juga bagi pendukung.

Ayo, pertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di mata dunia dengan menerapkan sikap sportifitas!

Salam, Sportifitas!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini