Sportif Jati Diri Bangsa

Sportif Jati Diri Bangsa

eberhard groosgasteiger

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

INDONESIA SPORTIF

Indonesia kita!

Indonesia salah satu negara besar yang menempati urutan ke-15,dengan luas total 5.193.250 km dan total jumlah penduduk mencapai 265 juta jiwa.Tak hanyah dikancah asia, namun kini indonesia mulai dilirik dunia karena kondisi kenegaraan yang semakin membaik, juga senantiasa berpartipasi dalam kegiatan internasional.indonesia memilki letak geografis yang istimewa sehingga menjadikan indonesia dikaruniai oleh kekayaan alam yang luar biasa, maka tak heran banyaknya orang asing yang datang,guna penelitian atau hanya sekedar ingin menyaksikan keindahan pesonaa lam indoneia.

Tak hanya kaya akan kekayaan alam,budaya yang begitu banyak dan melekat kuat,beragam suku,ras,agama,dan bahasa menjadi daya tarik tersendiri .Indonesia memilki sejuta perbedaan namun Kebhinekaan disertai rasa Tunggal Ika mampu menciptakan rasa toleransi yang begitu kuat juga pemakluman serta penimalisiran kerasisan terus tercipta.Sehingga kedamaian terus tercipta dan menjadikan indonesia sebagai negara Teramah penduduknya takkan luntur dimakan zaman.

Sportif ? itu pasti!

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat antusias dalam menggeluti berbagai Event.Asian Games, salah satu event terbesar yang tengah disungguhi Indonesia. Ya, untuk kedua kalinya indonesia menjadi tuan rumah.tak hanya ingin sukses sebagai tuan rumah ,capaian prestasi terus digenjot,menjadi 10 besar adalah menjadi target utama kini,keseriusan dan kesportifitasan terus ditujukkan dan menjadi kunci utama untuk memperoleh medali.

Peserta dan suporter terus memperlihatkan sportifitas dalam berkontribusi baik dalam ajang asian games ini.terciptanya ketegangan dalam bertanding mampu dipecahkan oleh semaraknya suporter melalui aksi mereka.Aksi yang tak menimbulkan kericuhan dan keresahan saat bertanding."Kalau menang berprestasi kalau kalah jangan Frustasi" tampaknya lirik meraih bintang yang menjadi Official song Theme Asian Games tergambar jelas melalui kesportifitasan Peserta dalam bertanding maupun Suporter dalam mendukung.Kesportifitasan itulah yang menjadi salah satu mengapa indonesia di tunjuk sebagai tuan rumah.

Peserta

Prestasi anak bangsa kian meroket disertai dengan kesportifitasan yang menjadi acuan yang terus melekat dan telah menjadi jati diri bangsa.dan turut menjadi perhatian dunia sehingga kita mulai disegani oleh lawan.U16 garuda muda yang berhasil menjadi juara 1 dalam ajang AFF.membuktikan bahwa sportif adalah kunci dalam bertanding.Terlihat jelas kesungguhan dan keseriusan serta sportifitas dalam bertanding,pula pemahaman konsep dan teknikal dalam bertanding mampu memperbaiki capaian prestasi indonesia.

Anthony ginting pebulu tangkis yang sentak menjadi viral berkat kegigihan melawan Kento momota pebulu tangkis asal jepang.Keduanya menunjukkan kesprotifitasan yang patut diacungi jempol. Anthony yang mempunyai tekad luar biasa,dengan keadaan keram namun tetap memaksa bertanding.Menyerah,itulah yang ia lakukan karena keadaan yang tak memungkinkan .Kento Momota yang menjadi kontra Anthony menang telak, tak ada kesenangan terpencar melainkan hanya simpatik terhadap Anthony. Sekali lagi sportif tergambar oleh kedua pebulu tangkis tersebut yang mengundang decak kagum dunia.Jelas kesportifisan tak akan membohongi hasil, Kento ( jepang) berhasil meraih Emas dan Anthony (Indonesia) berhasil meraih perak.

Suporter

Bukan hanya pemain atau wasit saja yang dinilai kesportifitasannya.Suporter juga turut menjadi perhatian publik.Sporter merupakn faktor pendukung dalam suatu pertandingan.ketika indonesia tengah berlaga maka seluruh suporter dari seluruh penjuru Indonesia bersatu padu untuk mendukung negara tercinta.Asian games,Indonesia kontra UEA dimana wasitnya digadang gadang bermasalah oleh luis milla,namun para pemain tetap menerima kenyataan,membuktikan sekali lagi sportif bangsa ditunjukkan.Begitu pula para suporter yang berlapang dada menerima kenyataan pahit tersebut tanpa harus anarkis dan mencerca lawan.

lainnya dengan liga domestik yang terkenal akan suporter fantiknya,para suporter berpecah belah untuk mendukung daerahnya masing masing.Walau pernah terjadi kejadian yang tak mengenakkan namun hal tersebut dapat tertutupi oleh kekompakan dan kekreatifan juga toleransi saat mendukung daerah domisili masing masing.Sempat menjadi perhatian dunia para suporter fanatik indonesia,berkat kekreatifan saat menyuport membentuk koreo tiga dimensi dan lagu sorak sorai hingga keangkasa.Tak hanya bola yang ditonton melainkan sungguhan luar biasa pun ditampilkan para suporter seperti suporter pss sleman dan jak mania.tidak bangga dengan anak bangsa? yang kreatif dan super sportif.

Penerapan dalam hidup berbangsa

Kebhinekaan juga sila ke 2 pancasila "kemanusian yang badil dan beradab" serta sila ke 5 "keadilan bagi seluruh rakyat indonesia" tampak sangat berkenaan dengan dengan kehidupan sehari - hari.Ditengah maraknya perbedaan keadilan dan toleransi serta menerima kenyataan sangat bersesuaian dengan hakikat sportif.indonesia sportif.

cipta: rikoeinstein91@gmail.com

biodata:

Riko

sman 1 kutacane

17 tahun

kuatace,aceh tenggara

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
(Karena) Bulu Tangkis Lebih dari Sekadar Permainan Sebelummnya

(Karena) Bulu Tangkis Lebih dari Sekadar Permainan

8 Juni 2020, Ojol DKI Kembali Bisa Angkut Penumpang Selanjutnya

8 Juni 2020, Ojol DKI Kembali Bisa Angkut Penumpang

Riko Riko
@rikoeinstein_123

Riko Riko

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.