Emas Ke-12 dari Aqsa Sutan Aswar Atlet Jetski

Emas Ke-12 dari Aqsa Sutan Aswar Atlet Jetski
info gambar utama

Jetski, olahraga air ini merupakan salah satu cabang olahraga yang baru pertama kali dilombakan pada Asian Games. Pada Asian Games 2018 perlombaan jetski dibagi menjadi empat kategori yakni endurance runabout open, runabout 1100 stock, runabout limite, dan ski modified.

Aqsa Sutan Aswar kelahiran Jakarta ini berhasil hadiahkan kepada Indonesia Medali emas yang ke-12. Aqsa meraih emas dalam kategori Endurance Runabout Open atau babak penentuan, Aqsa menempati posisi kedua, di bawah Ali Allanjawi atlet dari negara Ubi Emirat Arab, dan dalam posisi ketiga ditempati oleh Aero Sutan Aswar dari Indonesia.

Dari tiga babak yang telah dijalani Aqsa berhasil mengumpulkan 1.148 poin, Aqsa berhak mendapatkan medali emas, sedangkan Ali Allanjawi dengan perolehan poin 1.132 mendapatkan perak, perunggu diperoleh atlet asal Thailand Footrakul Suphathat dengan 1.088 poin.

Aqsa Sutan Aswar mengatakan Raihan emas yang berhasil didapatkan pada kelas endurance Runabout Open hanya factor keberuntungan. Kareana pertandingan kelas terakhir tergolong berat karena lawan-lawan dari negara lain memiliki kemampuan dan ditopang dari perfoma dari mesin tuggangannya.

"Tadi yang berat Korea dan UEA (Uni Emirat Arab). Mereka memiliki jetskinya oke, orangnya oke-oke, tadi hanya tergantung nasib (keberuntungan)," kata Aqsa usai pertandingan.

Kegagalan meraih emas di kelas Runabout Limited menjadi motivasi terbesarnya untuk tampil lebi baik di perebutan emas terakhir. Ia mempersembahkan medali emas untuk masyarakat Indonesia yang telah mendukungnya selama ini. "Dapet perunggu kemaren, jadi hari ini aku harus dapet emas. Medali emas dipersembahkan untuk orang Indonesia," kata dia.

Indonesia saat ini berhasil merail satu emas, satu perak, dan satu perunggu dari empat kelas yang diperlombakan. Dari medali perak dan perunggu dapat diraih masing-masing oleh Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar di kelas Runabout Limited.

Aqsa pada kelas Runabout Limited berhasil memimpin sampai lap ke-6 dan memastikan dapat medali emas dan perak, dikarenakan kerusakan pada mesin jetski Aqsa turun hingga ketiga dan Aero tetap bertahan di posisi kedua hingga finish.


Sumber: antaranews.antaranews.antaranews.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini