Indonesia Teken Perjanjian Bidang Kebudayaan dengan Hong Kong, Apa Isinya?

Indonesia Teken Perjanjian Bidang Kebudayaan dengan Hong Kong, Apa Isinya?
info gambar utama

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republic Rakyat Tiongkok, menindaklanjuti kerja sama dalam bidang kebudayaan.

Sebelumnya, tahun 2017, kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama bidang kebudayaan.

Senin lalu (20/8/2018), Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) Didik Suhardi menerima kedatangan Sekretaris Dalam Negeri Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republik Rakyat Tiongkok, Lau Kong Wah.

Dalam pertemuan tersebut, Didik mengatakan, Kemendikbud memiliki program beasiswa "Darmasiswa RI" untuk mahasiswa asing belajar budaya dan bahasa Indonesia di perguruan tinggi di Indonesia.

“Kami lihat warga Hongkong tahu tentang Indonesia, tetapi tidak tahu banyak. Pertukaran budaya ini sangat penting, dimulai dari generasi muda,” jelas Didik.

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Wilayah Administratif Khusus Hongkong, Republic Rakyat Tiongkok, menindaklanjuti kerja sama kedua pihak dalam bidang kebudayaan (20/8/2018) Foto: Kemendikbud
info gambar

Sesjen Kemendikbud Didik Suhardi didampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Maman Wijaya, dan Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Suharti.

Di kesempatan yang sama, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menuturkan, Indonesia memiliki banyak koleksi budaya sehingga Kemendikbud berharap Indonesia dan Hongkong bisa saling bertukar koleksi budaya untuk dipamerkan di wilayahnya masing-masing.

Berdasarkan penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dengan Hongkong pada tahun lalu, ada 5 ruang lingkup kerja sama yang disepakati yaitu kesenian, film, museum dan galeri, gastronomi, serta pendidikan budaya.

Dalam nota kesepahaman itu Indonesia dan Hongkong sepakat mempromosikan dan memperkuat kerja sama di bidang budaya dan seni, serta berkontribusi kemajuan dan kesadaran bersama, sehingga menciptakan rasa hormat, pengertian dan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Hongkong.


Sumber: Kompas.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini