Pecahkan Rekor Dunia, 17.818 Mendoan Digoreng di Purwokerto



Pecahkan Rekor Dunia, 17.818 Mendoan Digoreng di Purwokerto



Rekor Dunia Menggoreng dan Memakan Tempe Mendoan di Purwokerto, Sabtu (25/8/2018) © mediapurnapolri.net

ebanyak 17.818 mendoan yang dibuat secara massal memecahkan rekor dunia menggoreng mendoan sekaligus membuat rekor baru makan mendoan terbanyak Sabtu (25/8/2018) di halaman Hotel Meotel Purwokerto.

Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid), Paulus Pangka mengatakan memasak mendoan terbanyak dan makan mendoan masal ini dicatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) sebagai rekor ke 389 dan 390.

Mendoan menciptakan dua rekor baru dengan menggoreng tempe sebanyak 17.818 buah mendoan dalam waktu 73 menit dan makan mendoan terbanyak.

Rekor memakan mendoan terbanyak di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Rekor memakan mendoan terbanyak di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah/detikcom


“Menciptakan rekor baru di Lembaga Pencatat Prestasi Indonesia Dunia, dengan nama rekor pertama dengan nama memasak mendoan terbanyak, dengan jumlah 17.818 buah, dalam waktu 73 menit,” katanya.

Menurut dia, jumlah mendoan yang 17.818 buah mengandung makna 17 Agustus 2018. 45 penggorengan melambangkan tahun kelahiran Republik Indonesia.

Pangka menerangkan, selain menjadi rangkaian peringatan HUT le-73 RI, rekor mendoan ini sekaligus untuk mengangkat popularitas mendoan agar semakin dikenal dunia. Pasalnya, mendoan telah menjadi kebanggaan masyarakat Banyumas yang telah dikenal oleh seluruh nusantara.

Suasana penggorengan mendoan dalam pemecahan rekor dunia di Purwokerto, Sabtu (25/8.2018). Foto: Dok. Penyelenggara/Kompas.com
Suasana penggorengan mendoan dalam pemecahan rekor dunia di Purwokerto, Sabtu (25/8.2018). Foto: Dok. Penyelenggara/Kompas.com

"Jadi kami mempersiapkan 45 tim, ada 3 orang untuk setiap tim. Tiga orang ini memiliki peran masing-masing seperti menggoreng, membuat adonan, dan mengangkat mendoan dari penggorengan," ujar Public Relations Meotel Purwokerto by Dafam, Hussein Alghozaly (27) saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/8/2018).

Selain itu, ikut terlibat pula 4 orang dari Persatuan Chef Profesional Indonesia (PCPI). Husein mengatakan, persiapan sudah dilakukan selama dua minggu.

Satu tim berisi tiga orang memasak mendoan di memecahkan rekor dunia memasak mendoan terbanyak. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Satu tim berisi tiga orang memasak mendoan di memecahkan rekor dunia memasak mendoan terbanyak. Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Tempe yang diolah menjadi mendoan didatangkan dari Pliken, daerah yang terkenal dengan produksi tempe di Kabupaten Banyumas. "Sekitar 20 ribu tempe kami pesan," ujar Hussein.

Dilansir Gatra, untuk membuat 17.818 buah mendoan, dibutuhkan sebanyak 20 ribu tempe, dan menggunakan tepung terigu sebanyak 225 kilogram, tepung beras 40 kilogram, tepung tapioka 40 kilogram, minyak goreng 270 liter, garam 10 kilogram, bawang putih 5 kilogram.

“Serta ketumbar 2 kilogram, kencur 2 kilogram, daun muncang 15 kilogram, kecap 19 kilogram serta bumbu penyedap rasa sebanyak 12 kilogram,” kata Andre Harso, General Manager Hotel Meotel Purwokerto.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Indonesia Teken Perjanjian Bidang Kebudayaan dengan Hong Kong, Apa Isinya? Sebelummnya

Indonesia Teken Perjanjian Bidang Kebudayaan dengan Hong Kong, Apa Isinya?

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan,  I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project Selanjutnya

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan, I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.