Tiga Pohon Calon Warisan Budaya di Malang

Tiga Pohon Calon Warisan Budaya di Malang
info gambar utama

Kota Malang, Jawa Timur akan menetapkan tiga jenis pohon sebagai warisan budaya.

Seperti kutipan dari kompas.com, tiga pohon yang terdapat dalam daftar tersebut adalah pohon trembesi atau Samanea saman, pohon kenari atau Canarium, dan pohon beringin atau Ficus benjamina.

Ilustrasi Pohon Beringin | Sumber: Okezone
info gambar

Sutiaji selaku Plt Wali Kota Malang menyebutkan bahwa pemerintah saat ini sedang dalam tahap pengumpulan data dari pohon-pohon yang disebutkan di atas di Kota Malang, yang telah tertanam puluhan tahun.

"Menurut catatan, Kota Malang merupakan habitat alami dari tiga pohon tersebut," ucap Sutiaji.

Selain habitat alami bagi pohon trembesi dan pohon beringin, Sutiaji juga menegaskan bahwa Malang juga merupakan habitat dari lebih banyak pohon Kenari dibandingkan kota lain. Terdapat 145 pohon Kenari di Malang, kebanyakan ditanam sejak era kolonial Belanda dan tersebar di sepanjang jalan Diponegoro.

"Kalau kenari kita sudah. Jumlahnya melebihi dari kota-kota yang lain. Trembesi kita sudah lebih dari 100 tahun usianya. Begitu juga dengan beringin," katanya.

Pohon Trembesi di depan gedung DPRD Kota Malang | Sumber: Kompasiana
Pohon Trembesi di depan gedung DPRD Kota Malang | Sumber: Kompasiana

Pohon trembesi dapat ditemukan di sekitar area Alun-alun Tugu di Malang, seperti di depan Hotel Tugu dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang.

Selain itu, pohon beringin yang berusia lebih dari 100 tahun dapat ditemukan di Alun-alun Merdeka.

Sutiaji berencana untuk menuliskan data tersebut pada pohon-pohon yang ditetapkan sebagai warisan budaya dengan harapan meningkatnya wisatawan.


Sumber: Kompas.com | Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini