Tinta Emas Ganda Putra Indonesia di Asian Games

Tinta Emas Ganda Putra Indonesia di Asian Games
info gambar utama

Indonesia adalah salah satu kiblat bulutangkis dunia. Hampir di setiap kejuaraan internasional, Indonesia tidak pernah absen dari gelar juara.

Pada Asian Games kali ini, bulutangkis menjadi salah satu cabang yang diproyeksikan bisa mendulang medali. Bukan tanpa alasan, atlet – atlet Indonesia saat ini berada di peringkat yang cukup tinggi di level dunia.

Sebut saja duo minion yang bertanding di nomor ganda putra. Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menempati peringkat 1 BWF (induk bulutangkis dunia).

Menempati posisi pertama ranking BWF dengan torehan 102.683 poin. Unggul jauh dari posisi kedua yang dihuni oleh ganda putra Tiongkok. Ganda putra Tiongkok hanya mengoleksi 76.985 poin.

Pasangan yang bertubuh mungil ini merupakan juara All England tahun 2018. Mereka juga mencetak rekor dengan menjuarai 6 gelar super series dalam kurun waktu satu tahun, India Open, Malaysia Open, Japan Open, China Open, Hong Kong Open, dan Dubai Super Series Finals.

Di Ajang Asian Games, tim ganda putra Indonesia memang sangat disegani. Pada Asian Games 2014 lalu, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan sukses sabet medali emas.

Pada tahun ini pada nomor perorangan ganda putra, Indonesia juga berharap bisa meraup emas. Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon akan menjadi ujung tombak.

Pada nomor perorangan Asian Games kali ini, Indonesia akan diperkuat pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Berikut daftar pasangan ganda putra Indonesia yang meraih medali emas Asian Games, melansir dari Djarum Badminton.

  1. Tjun Tjun/Johan Wahyudi - Asian Games 1974 (Teheran, Iran)
  2. Christian Hadinata/Ade Tjandra - Asian Games 1978 (Bangkok, Tiongkok)
  3. Christian Hadinata/Icuk Sugiarto - Asian Games 1982 (Delhi, India)
  4. Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja - Asian Games 1994 (Hiroshima, Jepang)
  5. Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja - Asian Games 1998 (Bangkok, Thailand)
  6. Hendra Setiawan/Markis Kido - Asian Games 2010 (Guangzhou, Tiongkok)
  7. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan - Asian Games 2014 (Incheon, Korea Selatan)

Semoga sepak terjang ganda putra Indonesia di Asian Games selalu menjadi yang terbaik.

Sumber : djarumbadminton.com| idntimes.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini