FPIK UB Sukseskan Aksi Bersih Pantai Nasional "Menghadap Laut"

FPIK UB Sukseskan Aksi Bersih Pantai Nasional "Menghadap Laut"
info gambar utama

Menghadap Laut”, merupakan aksi nasional yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, (HC) Dr. Susi Pudjiastuti dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73. Ide dari acara ini adalah menggemakan kegiatan bersih pantai untuk mengurangi dampak pencemaran laut khususnya plastik dan sampah anorganik lainnya.

Sebagaimana diketahui, Susi Pudjiastuti bersama para influencer pecinta lingkungan pada 15 Juli 2018 telah mencanangkan Pandu Laut Nusantara sebagai wadah komunitas pecinta laut. Tujuan dari komunitas tersebut adalah mengurangi ancaman pencemaran laut melalui kegiatan bersih pantai dan mereduksi penggunaan bahan pencemar khususnya plastik. Salah satu kegiatan nyata untuk mengurangi dampak plastik di lingkungan laut adalah dengan melaksanakan kegiatan bersih pantai.

Indonesia menempati urutan kedua sebagai penyumbang sampah plastik terbesar ke laut. Berdasarkan data dari World Bank,volume tersebut mencapai angka 400.000 ton sampah plastik per tahun . Apabila tidak dilakukan upaya reduksi, maka dikhawatirkan pada tahun 2050 akan lebih banyak sampah plastik dibandingkan dengan jumlah ikan di laut, hal ini terungkap dalam World Economic Forum (2016), “The New Plastic Economy: Rethinking the Future of Plastics”.

Kegiatan Menghadap Laut merupakan aksi riil untuk membersihkan sampah yang ada di pantai, yang dilaksanakan serentak di pada Minggu, (19/8/2018), di lebih dari 73 titik di Indonesia.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Terdapat dua agenda utama pada acara ini, yang pertama adalah kegiatan bersih pantai (beach cleanup) yang berlokasi di Pantai Wisata Sendang Biru dan area UPT P2SKP Pondokdadap yang merupakan salah satu pelabuhan perikanan terbesar di pesisir selatan Jawa Timur.

Peserta melaksanakan pengambilan sekaligus pemilahan sampah anorganik sesuai dengan jenis sampahnya, yaitu botol plastik, sampah plastik pembungkus, kaca/beling, kain/jaring, kaleng/baterai, karet/styrofoam/ sendal dan kategori lain (selain tersebut di atas). Sampah yang terkumpul kemudian ditimbang untuk mengetahui jumlah totalnya. Kemudian peserta foto bersama pada lokasi yang telah dibersihkan.

Kegiatan ini melibatkan total peserta 273 orang, terdiri dari unsur mahasiswa, dosen, staff dan unsur pimpinan Universitas Brawijaya. Cakupan area beach cleanup adalah 6,2 Ha, terdiri dari lokasi Pantai Wisata Sendang Biru (0,8 Ha) dan lokasi Tempat Pelelangan Ikan (4,6 Ha).

Kegiatan ini berhasil mengangkat jumlah total sampah sebanyak 514,03 Kg, terdiri dari sampah plastik 107.62 Kg, sampah kaca/beling 49.24 Kg, sampah sedotan 108.74 Kg, sampah jaring 55.35 Kg dan sampah lainnya sebanyak 193.08 Kg, -termasuk didalamnya terdapat buangan oli kapal nelayan yang dimasukkan dalam kresek.

Pada pukul 11.30, peserta beristirahat dan bersiap untuk melaksanakan agenda kegiatan kedua, yaitu upacara seremoni Menghadap Laut. Acara dimulai pada pukul 13.00, dipimpin langsung oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. Upacara dimulai dengan laporan kegiatan oleh Dekan FPIK UB, Prof Dr. Ir. Happy Nursyam, MS, meliputi jumlah peserta dan volume sampah yang berhasil dibersihkan.

Rektor UB memberikan sambutan mengenai komitmen UB untuk berperan aktif dalam upaya mengurangi sampah baik di lingkungan kampus maupun luar kampus. Kemudian, dilaksanakan kegiatan puncak berupa “Menghadap Laut” dengan cara bersama-sama menghadap Laut (Selat Sempu) sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan rasa awareness terutama bagi mahasiswa dan civitas akademika kampus UB, mengenai ancaman sampah plastik terhadap lingkungan laut. Beberapa aksi yang dapat dimulai secara individu diantaranya dengan membawa tumbler (botol) minuman isi ulang sendiri, membawa kantung belanja sendiri, menghindari penggunaan sedotan pastik untuk minum, tidak membuang sampah ke saluran air, serta melaksanakan kegiatan bersih pantai dan laut secara reguler.


Sumber: https://prasetya.ub.ac.id/berita/FPIK-UB-Sukseskan-Aksi-Bersih-Pantai-Nasional-Menghadap-Laut-21759-id.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini