11 Negara Akan Menjadi Satu di Solo International Performing Arts (SIPA) Festival

11 Negara Akan Menjadi Satu di Solo International Performing Arts (SIPA) Festival

Penampilan SIPA sebelumnya © Sumber: iMusic

Solo International Performing Arts (SIPA) Festival akan diadakan di Surakarta, Jawa Tengah, dari Kais hingga Sabtu, 6-8 September. Sekitar 100 seniman dari 11 negara akan tampil di festival tersebut, yang akan berlokasi di depan Benteng Vastenburg.

Menandai peringatan satu dasawarsa, festival tahunan tersebut turut mengundang penampil dari Amerika Serikat, Italia, Taiwan, Spanyol, Rusia, Zimbabwe, Korea Selatan, Belanda, FIlipina, dan Jerman.

Festival tahun ini mengambil tema "We are the World, We are the Nations," sebuah pengingat bahwa masyarakat global tetaplah satu kesatuan.

"SIPA merupakan titik pertemuan bagi para seniman di seluruh dunia. Penampil akan mengekspresikan rasa kebersamaan di tengah keragaman," ucap Hasta Gunawan, selaku Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Surakarta.

Tahun ini SIPA akan dibuka pada tanggal 6 September oleh Kepala Badan Ekonomi dan Kreatif Triawan Munaf, serta akan didahului oleh beberapa acara pembuka pada hari Selasa dan Rabu, 4 hingga 5 September.

Acara pre-SIPA tersebut akan memuat penampilan tari dan pertunjukkan fashion dibawah tema "Semangat SIPA" dan akan berlangsung di Solo Grand Mall (SGM).

Lima grup penampilan seni, Sanggar Tari Citra Jebres, Kids Model Community Solo, perwakilan dari Mangkunegaran Academy of Arts (ASGA), Polah Crew dan Semarak Candra Kirana akan mengisi acara pembuka tersebut.

"Acara pembuka tersebut akan menjadi teaser bagi acara utama, SIPA, untuk menarik penonton," ucap koordinator humas SIPA 2018, Henggar Ramadhana.

Acara pembuka lainnya, berjudul SIPA Goes to the Café akan diadakan pada tanggal 4 September. Para seniman direncanakan akan tampil di beberapa cafe dan wedangan seperti Double Decker, restoran Diamond, dan Waroeng Kroepoek.

Selain itu, SIPA Goes to Campus akan mengambil tempat di auditorium kampus Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dan akan menampilkan penyanyi indie, Danilla, Fisip Meraung, Keroncong Smaracatur, dan Chinese Youth Goodwill Association Taiwan.

SIPA akan diadakan selama tiga hari berturut-turut mulai pukul 8 malam sedangkan penampilan untuk para mahasiswa akan diadakan mulai dari pukul 4 hingga 6 sore. Seluruh penampilan dapat disaksikan secara gratis, kecuali pre-event di kampus UNS.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kado Manis di Balik Jalan Terjal Membangun Hutan Desa Manjau Sebelummnya

Kado Manis di Balik Jalan Terjal Membangun Hutan Desa Manjau

Atlet Panjat Tebing Asal Solo Harumkan Indonesia di Eropa Selanjutnya

Atlet Panjat Tebing Asal Solo Harumkan Indonesia di Eropa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.