Baca Karya-karya Komika Tanah Air, yuk!

Baca Karya-karya Komika Tanah Air, yuk!

Karakter pada salah satu komik buatan anak bangsa yang namanya bermuatan lokal © Penjajakata.com

Wah, minggu ini komik A sudah rilis di Jepang. Sebentar lagi di Indonesia, nih!

B-sensei bisa banget, deh, ngebentuk karakter tokoh C!

Ada yang merasa tidak asing dengan potongan pernyataan tersebut? Atau kamu sendiri yang pernah mengatakannya?

Membaca komik memang hobi yang menyenangkan, ya! Penuh gambar-gambar dan cerita yang keren. Memang pilihan yang tepat untuk melepas penat dari pekerjaan yang terus berkutat.

Banyak sekali judul komik yang pengarangnya berasal dari negara orang, khususnya Jepang. Akhir-akhir ini, Korea juga makin merambah dunia komik di Indonesia dalam bentuk digital via aplikasi Webtoon.

Namun, tahu tidak, ternyata banyak juga komik-komik besutan pengarang, atau biasa disebut komika, asli Indonesia, loh! Gambar dan cerita yang mereka angkat juga tidak kalah menarik dengan komik-komik Jepang.

Di era teknologi saat ini, perkembangan industri kreatif memang semakin pesat. Banyak sekali kreativitas yang ditawarkan anak-anak muda, khususnya Indonesia, baik sebagai bisnis maupun hobi.

Begitu pula sebagai media promosi karya mereka berupa komik atau cerita bergambar. Kesuksesan promosi membuat permintaan akan versi cetak komik meningkat. Ada pasar, yaitu para pecinta komik, yang dapat disasar.

Nah, berikut komik-komik karangan komika Indonesia:

1. Garudayana Saga

Dari namanya saja sudah Indonesia banget, ya: Garuda.
Apa kalian sebelumnya pernah menonton wayang? Nah, cerita pada komik terbitan Mizan ini mengambil latar seperti pada pewayangan!
Fokus komik ini berkisar di mitos Mahabarata yang biarpun berasal dari India, namun juga sangat kental budaya Indonesia. Eits tapi cerita di komik karangan Is Yuniarto ini bukan berfokus ke pertarungan Kurawa dan Pandawa, melainkan tokoh original bernama Kinara dan Garuda kecil bernama Garu.

Seperti apa cerita lengkapnya? Yuk, mulai dikepoin aja!

2. Garudaboi
Masih menggunakan nama Garuda, nih! Kali ini karya dari Galang Tirtakusumo yang berkonsep pahlawan super bernama Garudaboi yang menumpas para makhluk jahat yang mengancam planet bumi.

Tema aksi tidak harus selalu bernuansa serius, karena komik yang didesain empat panel ini bergenre komedi dan penuh warna yang membuat nyaman dan menarik dibaca!

Wah, para pecinta komik empat panel harus mulai melirik Garudaboi, nih ^^

3. Manungsa

Komik fiksi ilmiah khas Indonesia? Ada!

Buat kamu penggemar genre fiksi ilmiah, komik Manungsa karangan Erfan Fajar dan Jaka Andy ini tidak kalah seru untuk dengan komik fiksi ilmiah Jepang, loh. Grafisnya mantap! Benar-benar dapat menyaingi buatan luar.

Cerita di komik ini berfokus pada Kanaka, Rakai dan ledakan besar yang menewaskan kedua orang tua mereka.

Khas Indonesianya terletak pada penggambaran karakter monster-monsternya. Wah, fiksi ilmiah bertemu dengan monster-monster?

Kita baca saja, yuk, komik terbitan Kosmik ini!

4. Bima Satria Garuda

Garuda memang menjadi lambang kegagahan dan karisma di Indonesia, yang juga menjadi lambang dan ciri khas negara. Salah satunya sebagai judul komik-komik Indonesia yang bergenre aksi.

Kamu pecinta tokusatsu? BIMA Satria Garuda bisa jadi pilihan dalam daftar beli komik kamu! Terlebih, komik ini merupakan adaptasi serial televisinya yang pernah diproduksi oleh Ishimori Production dan ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta, RCTI.

Reini Barrack, sang produser, merilis serial komiknya dengan komika Ockto Baringbing dan Hendry Zero.

Dunia paralel, penguasa kerajaan yang kejam, serta pemuda yang mendapat sebuah batu berkekuatan supernatural menjadi fokus cerita di komik ini. Seru, ya, membayangkan cerita dunia paralel khas Indonesia!

5. Nusantaranger

Dari judulnya saja, sudah bermuatan lokal banget, ya!

Tenang, para pecinta sentai. Anak bangsa tak hentinya menunjukkan kreatifitas mereka, salah satunya menciptakan karakter sentai dengan kearifan lokal! Karakter ranger tersebut memiliki kekuatan sesuai pulau-pulau di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Wah seperti apa ya? Penasaran? Yuk, langsung saja mencari lebih lanjut mengenai komik karangan tim komikus yang beranggotakan Shani Budi Pandita (penulis cerita), Tamalia Arundhina (penulis cerita), Kinesasih Hapsari Puteri (penulis cerita), Sweta Kartika (komikus), Indra Arista (project admin), Masova (desainer web), dan Hendranto Sastro (illustrator dan toy designer) ^^

6. 5 Menit Sebelum Tayang

Komik Jepang saat ini sedang ramai mengangkat tema behind the scene pembuatan komik, anime serta cerita hidup si pengarang.

Nah, Indonesia juga punya yang bertemakan serupa, loh!

Mengangkat tema kehidupan editor televisi di sebuah stasiun televisi swasta, MoT, Budi, yang bekerja di bidang media.

Komik besutan Ockto Baringbing dan M Fathanul Haq ini dibuat berdasarkan riset dan pengalaman hidup Ockto ketika bekerja di televisi dulu, loh. Makin menarik dan terasa realnya kan?

Para pecinta genre slice of life jangan sampai ketinggalan, nih!

Ternyata komik-komik karangan anak bangsa juga sangat kaya akan genre, ya! Grafisnya pun kompetitif sekali. Baca, yuk!

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih33%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bangga! Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Disebut Sebagai Asian Games Terbaik dalam Sejarah Sebelummnya

Bangga! Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Disebut Sebagai Asian Games Terbaik dalam Sejarah

10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara Selanjutnya

10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.