Bikin Bangga, Batik Indonesia Ini Raih Prestasi di Amerika

Bikin Bangga, Batik Indonesia Ini Raih Prestasi di Amerika
info gambar utama

Salah satu warisan bangsa yang diakui dunia ini nampaknya terus mengibarkan sayapnya. Yakni Batik Indonesia yang meraih prestasi di New York, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. Pada kesempatan tersebut Batik Indonesia berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori produk baru terbaik (best new product) di ajang NY NOW 2018, sebuah pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara.

Dikabarkan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, melalui Detik, bahwa batik yang memenangkan penghargaan tersebut adalah batik warna indigo yang bernama Kembang Kopi Sekar Jagat.

Batik tersebut rupanya didesain oleh Galeri Batik Jawa yang dipimpin Thessan dan Nita Kenzo dari Yogyakarta. Partisipasi mereka ialah bagian dari Paviliun Indonesia dan merupakan keikutsertaan yang ketiga kalinya dalam gelaran tahunan tersebut.

Batik Indonesia di New York | Sumber dok: KJRI New York
info gambar

Sementara itu Konsul Jenderal RI di New York menyebut jika persiapan yang dilakukan berlangsung sejak Februari. Oleh sebab itu tak heran jika produk asal Indonesia mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lain. Lebih lagi, produk yang dipamerkan rupanya sesuai dengan selera pasar AS.

Lebih lagi ia berharap jika produk-produk Indonesia yang dipamerkan mampu meraih penjualan terbaik. Di sisi lain, selain terdapat batik ada pula dua produk kerajinan Indonesia yang meraih penghargaan kategori ramah lingkungan. Dua produk tersebut merupakan karya pengrajin asal Kaliman Timur.

Disebut pula bahwa satu produk lain dari Yogyakarta turut terpilih menjadi display produk fair trade dan satu produk dari Jakarta terpilih menjadi fitur eksklusif pada majalah HandEye Magazine yang merupakan salah satu majalah afiliasi NYNOW.

Besutan Batik Indonesia yang Meraih Prestasi di AS | Sumber dok: KJRI New York
info gambar

Menariknya, partisipasi peserta dari Indonesia kali ini turut didukung oleh KJRI New York, Bekraf, Bank Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia. Kehadiran Indonesia pun juga didukung oleh konsulan independen AS yakni Jennifer Isaacson dari By Hand Consultant, yang telah membantu dalam memberikan pelatihan, melakukan kurasi produk, konsultasi peningkatan kualitas produk, dan mempersiapkan para pengrajin untuk mengikuti pameran internasional sejak Februari lalu.

Diketahui bahwa tahun ini sebanyak 17 pengrajin/UKM hadir dari berbagai daerah di Indoensia guna membawa berbagai macam kerajinan yang mengandung nilai-nilai juga unsur tradisional Indonesia dengan sentuhan kontemporer.

Bangga dengan pencapaian tersebut. Bangga Indonesia!


Sumber: Detik

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini