Nikmati Indahnya Danau Toba di Desa Tongging

Nikmati Indahnya Danau Toba di Desa Tongging
info gambar utama

Danau Toba, danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dan menempati peringkat kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Lokasi dari Danau Toba terletak di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Untuk menikmati pemandangan di Danau Toba banyak tempat disekitar danau yang menawarkannya, seperti Desa Tongging yang terletak di sebelah utara Danau Toba, yang terletak di Kecamatan MErek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk mencapai desa ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari kota Berestagi dan 3-4 jam dari kota Medan.

Dalam perjalanan anda akan disuguhi pemandangan gunung Sipiso-piso. Biaya masuk Desa Tongging hanya sebesar Rp. 5.000 / orang. Hal-hal yang menarik untuk berwisata ke Desa Tongging, karena disana anda dapat bermain air di pinggiran Danau Toba karena lokasinya yang bersebelahan langsung dengan Danau Toba, disana juga disediakan perahu-perahu kecil yang siap untuk disewa guna untuk berkeliling dan menikmati indahnya pemandangan danau dari atas perahu kecil.

Terdapat juga salah satu Air terjun yang merupakan salah satu dari beberapa Air terjun yang tertinggi di Indoensia yaitu Air terjun Sipiso-piso yang berada di ketinggian 800 mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Memiliki arti kata Sipiso-piso dari bahasa Karo, “piso” yang artinya “pisau”. Karena air yang berjatuhan di air terjun tersebut tampak seperti bilah pisau.

Makanan khas daerah juga tak boleh anda lupakan, makanan kha situ bernama Arsik Ikan Mas yang memeiliki resep turun temurun, yang dijual di pindok-pondok Desa Tongging yang bisa di temukan menjual makanan khas yang diambil langsung dari peternakan ikan milik mereka.

Tempat menginap di Desa Tongging juga ada banyak penginapan berupa Wisma dan Bungalow yang bisa disewakan, dengan harga yang bervariasi tergantung dengan fasilitas dan view pemandangan yang di sajikan. Penginapan yang murah yang cocok bagi para backpacker adalah Wisma Sibayak dengan range harga Rp. 50.000 – 100.000 saja.


Sumber:sindonews.jalanterus.wijanarko.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini