16 Festival Bulan September Seluruh Nusantara

16 Festival Bulan September Seluruh Nusantara

Malang Flower Carnival 2016 © Sumber: YouTube

Di bulan September ini 16 festival bertemakan tema bervariasi mulai dari budaya hingga olahraga akan di selenggarakan di seluruh negeri ini. Melalui kompas.com berikut ke-16 festival tersebut beserta tanggal dan lokasinya:

1. Tour de Singkarak, Sumatra Barat

Festival balap sepeda internasional yang namanya diambil dari Danau Singkarak ini telah diklasifikasikan dengan Union Cycling International (UCI) dalam kategori 2.2. Diadakan selama 10 hari pada tanggal 5-14 September mengelilingi provinsi Sumatra Barat, Riau, dan Jambi.

2. Solo International Performing Arts (SIPA), Surakarta, Central Java

Tahun ini merupakan peringatan satu dasawarsa pagelaran SIPA. Diisi oleh seniman asal Italia, Spanyol, Taiwan, Filipina, dan Zimbabwe. Serta seniman dalam negeri seperti Flying Balloons Puppet, Gilang Ramadhan, dan Melati Suryodarmo.

Akan diadakan di atas panggung besar sepanjang 20 meter dan selebar 16 meter di depan Benteng Vastenburg. Diadakan pada tanggal 6-8 September dan dapat disaksikan secara gratis.

3. Eight Festival ( F8 ), South Sulawesi

Kombinasi dari fashion, food, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora dan fauna, serta film, festival internasional ini akan berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan pada 6-10 September.

4. Malang Flower Carnival, Jawa Timur

Karnaval tahunan yang akan menunjukkan pakaian-pakaian buatan bahan daur ulang serta ornamen bunga diadakan di Kota Malang, Jawa Timur tepatnya di Jl. Ijen pada tanggal 9 September.

Malang Flower Festival 2017 | Sumber: Jawa Pos
Malang Flower Festival 2017 | Sumber: Jawa Pos

5. Festival Moyo, Nusa Tenggara Barat

Festival ini akan digelar di Sumbawa pada 10 September hingga 8 Oktober 2018. Wistawan bisa melihat serangkaian acara yang lekat dengan tradisi, budaya, dan kekayaan alam lokal Sumbawa.

6. Festival Tabut, Bengkulu

Diadakan di Bengkulu pada tanggal 10-20 September untuk merayakan Tahun Baru Islam. Diisi dengan ragam lomba, karnaval, bazar, dan ritual budaya.

7. Festival Tanjung Lesung, Banten

Festival ini digelar di Tajung Lesung pada 12 hingga 19 September 2018. Aktivitas dalam festival ini adalah triathlon di area Pantai Tanjung Lesung di Banten dengan miniatur kincir angin memenuhi sepanjang rute. Festival kuliner dan pameran Seven Wonders of Banten juga akan hadir di festival ini.

8. Festival Phinisi, Sulawesi Selatan

Diadakan di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada tanggal 13-16 September. Festival tahunan ini akan menyuguhkan perlombaan berlayar antar kapal Phinisi dan kapal layar, serta proses pembuatan, dan peluncuran dan upacara yang melibatkan perahu tradisional. Selain itu juga akan ada perlombaan memancing, penampilan tari tradisional, dan demo menenun.

9. Festival Bahari, Kepulauan Riau

Event pariwisata, penampilan budaya, dan permainan tradisional akan hadir di festival yang diadakan di Tanjung Pinang pada 15-23 September mendatang.

10. Festival Danau Limboto, Gorontalo

Festival Danau Limboto akan diselenggarakan pada tanggal 21-23 September mendatang akan memuat sebuah konferensi mengenai danau-danau nasional, diskusi pariwisata, permainan tradisional, event kuliner, perlombaan perahu tradisional, perlombaan burung merpati, dan kompetisi fotografi.

Festival Danau Limboto | Sumber: asn.id
Festival Danau Limboto | Sumber: asn.id

11. Festival Batanghari, Jambi

Festival ini merupakan festival sungai, mulai dari Jambi, Muara Jambi, Muara Sabak hingga Pulo Laut pada 23 September 2018. Akan hadir pulau penampilan seni, bazaar, karnaval batik, serta tari, band, dan lomba memasak masakan tradisional.

12. Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Jawa Timur

Festival ini digelar mulai 23 hingga 26 September 2018 di Banyuwangi. Rutenya berkeliling Banyuwangi dan berpacu mendaki Gunung Ijen. Para pembalap sepeda pun berasal dari berbagai macam negara.

13. Festival Kota Tua Malang, Jawa Timur

Wisatawan bisa menyaksikan atraksi seni budaya, musik, pameran industri kreatif, hingga kuliner tradisional. Agenda ini digelar mulai 27 hingga 29 September di Lawang, Malang.

Festival Kota Tua Malang | Sumber: East Java
Festival Kota Tua Malang | Sumber: East Java

14. Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival, Jakarta

Diadakan di mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan dimana seluruh cita rasa masakan Indonesia dan juga diskon belanja yang sangat dinanti-nanti. Catat tanggalnya: 27 September hingga 27 Oktober. Benar, satu bulan penuh!

15. Festival Ciletuh Geopark, Jawa Barat

Ratusan seniman bergabung untuk berpartisipasi menampilkan sei tradisional seperti pencak silat dan teater boneka kayu. Dengan pemandangan pantai, air terjun, dan pulau-pulau kecil. Diadakan pada tanggal 28 September di Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Festival Ciletuh Geopark 2017 | Sumber: faktabandungraya
Festival Ciletuh Geopark 2017 | Sumber: faktabandungraya

16. Festival Palu Nomoni, Central Sulawesi

Diadakan di Teluk Nomoni pada tanggal 28-30 September meliputi rangkaian event olahraga, seperti marathon internasional, kompetisi berenang, dan perlombaan perahu tradisional. Serta akan ada penampilan seni seperti seruling, dan pertunjukan drum dan ritual tradisional suku Kaili, seperti pompoura.


Sumber: Kompas | Jakarta Post

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Go-Jek Gandeng 3 Perusahaan Fintech Sebelummnya

Go-Jek Gandeng 3 Perusahaan Fintech

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura Selanjutnya

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.