Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan platform GSI Go Startup Indonesia pada Kamis (6/9). GSI Merupakan semangat dan gerakan bersama utuk mempercepat pertumbuhan ekosistem yang kondusif bagi Startup Indonesia.

GSI dapat pula diterjemahkan sebagai Government Support for Startups in Indonesia. Platform GSI diluncurkan atas latar belakang permasalahan yang terjadi pada perusahaan rintisan. Platform GSI akan mendorong financial literacy for startup sehingga arah dan pengembangan bisnis startup sudah dirancang sejak awal. Kebanyakan startup di Indonesia lebih fokus pada sektor teknis daripada manajerial, administrasi dan keuangan.

“Dalam mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut, Bekraf meluncurkan platform GSI - GoStartupIndonesia yang merupakan suatu semangat dan gerakan bersama untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia,” ucap Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Untuk menyelesaikan masalah yang dialami startup, tentu memerlukan sinergi, kerjasama, kolaborasi, dengan berbagai pemangku kepentingan baik dari lembaga pemerintah dan lembaga lain.

Belajar dari pengalaman di negara lain, GSI dengan program CreaX (Creative Exchange dir Startups) akan memberi alternatif tujuan yang lebih realistis. Salah satu solusinya berasal dari permodalan. Startup yang ada akan didorong untuk scale up dengan menjadi perusahaan Go Public.

Dalam upaya untuk mencari start up yang bisa di scalling up, Bekraf melalui platform GSI akan melakukan roadshow ke beberapa kota besar di tanah air. Dari setiap roadshow akan diberikan mentoring dan kompetisi pitching di kalangan komunitas starup.

Pemenang kompetisi pitching berkesempatan untuk mengikuti program inkubator dan mentoring pada Supercamp. Final kompetisi pitching akan diselenggarakan di Surabaya pada Indonesian Capital Day.

Pemenang kompetisi GSI juga berkesempatan mengikuti program inkubator lebih lanjut dan terhubung dengan komunitas startup dan investor global dengan mengikuti kompetisi pitching di level global.

Untuk menjalankan program yang telah dibuat, GSI GSI sedang mengembangkan website GoStartupIndonesia. Website ini merupakan “one stop services for startup” yang akan memfasilitasi kebutuhan startup dari hulu ke hilir.

Melalui website ini, para startup berkesempatan terhubung pada ekosistem startup Indonesia. Selain update berita, acara, pelatihan, dan kesempatan kerja bagi startup, terdapat juga forum diskusi yang bisa diakses oleh startup, komunitas, mentor, dan investor.

Selain bermanfaat bagi startup, platform ini juga akan mendorong tumbuhnya investor lokal. Melalui Investor Relation Unit, edukasi terhadap investor juga menjadi perhatian.

Dengan hadirnya terobosan ini, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan investasi di pasar modal, dan mendorong banyak startup yang akan GoPublik di Bursa Efek Indonesia.


Sumber: Rilis Resmi Bekraf

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu