Konsumen Indonesia Merupakan yang Paling Optimis Sedunia

Konsumen Indonesia Merupakan yang Paling Optimis Sedunia
info gambar utama

Consumer Confidence Index (CCI) atau Indeks Kepercayaan Konsumen di Indonesia tetap stabil dengan 127 poin persentase (PP) pada kuarter kedua 2018, sama seperti kuarter sebelumnya, berdasarkan sebuah survey oleh Conference Board Global Consumer Confidence dalam kolaborasi bersama Nielsen.

Dengan CCI pada poin presentase 127, konsumen Indonesia merupakan yang paling optimis sedunia, berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan oleh Nielsen pada Rabu, 5 September.

Survey tersebut menunjukkan 10 negara paling optimis; Indonesia (127), Filipina (127), India (124), Amerika Serikat (123), Vietnam (120), Denmark (118), Malaysia (117), UNi Emirat Arab (116), Pakistan (115), dan Cina (113).

Siaran pers yang menunjukkan CCI tersebut diambil dari persepsi konsumer terhadap prospek pekerjaan lokal, finansial personal dan keinginan/kesiapan untuk menghabiskannya. Untuk Indonesia, indikator tersebut relatif stabil di kuarter kedua.

Konsumen Indonesia | Sumber: kurva.id
info gambar

Survey tersebut menemukan bahwa 71% konsumen online Indonesia memiliki persepsi positif terhadap prospek pekerjaan ke depan, yang mana sama dengan penemuan di kuarter sebelumnya. Sekitar 63% konsumen menyebutkan bahwa mereka memiliki keinginan untuk menghabiskannya, sebuah peningkatan tipis dari 62% di kuarter pertama.

Sedangkan, 82% konsumen memiliki persepsi terhadap tingkat finansial pribadinya, penurunan yang ringan dari 85% di kuarter sebelumnya.

Survey tersebut juga menunjukkan bahwa kebanyakan konsumen Indonesia menabung uang tunainya.

Ilustrasi gadget | Sumber: AskMen
info gambar

Di kuarter kedua, lebih dari separuh (66% konsumen memilih untuk mengalokasikan uang tunainya untuk tabungan, kategori ini meningkat dari kuarter sebelumnya (65%), 46% memilih untuk menggunakannya untuk liburan, dan 31% memilih untuk membeli gadget teknologi tinggi.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini