Pernahkah anda terpikir untuk pergi berlibur sembari melakukan sesuatu yang juga berdampak bagi orang lain tanpa melakukan aksi yang banyak? Terutama berlibur di Bali. Rasa-rasanya untuk mengunjungi tempat wisata saja butuh banyak waktu untuk bisa merasakan satu persatu tempat wisata tersebut, terlebih lagi untuk melakukan kegiatan bermanfaat bagi orang lain, bukan?

Sama seperti wilayah lainnya di Indonesia (yang sayangnya) kemakmuran warganya belum merata, tidak peduli dimanapun itu tidak terkecuali Bali, juga ada warganya yang membutuhkan uluran tangan dari kita yang memiliki apa yang tidak mereka miliki. Tepatnya di Bali Utara, masih banyak warganya yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tanpa memiliki akses bahkan ke kebutuhan pokok yang sebagian dari kita menganggapnya remeh; seperti kesehatan, tempat tinggal, sanitasi, dan pendidikan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Beberapa portofolio perwujudan misi dari Global Village Foundation | Foto: Vita Ayu Anggraeni

Oleh karena itu Global Village Foundation Bali, sebuah badan sosial terdaftar dalam no. AHU-0017736 AH 01.12 mendirikan sebuah kafe bernama Global Village Kafe yang keduanya (badan sosial & kafe) dibentuk dengan misi dasar untuk membantu mereka yang kurang beruntung di Bali Utara untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Kafe tersebut merupakan sebuah kafe not-for-profit yang dimana hasil penjualan dari kafe tersebut akan disumbangkan langsung kepada yang membutuhkan dalam 3 bentuk;

  • Tempat tinggal; Perbaikan rumah, instalasi listrik dan atau air, membuatnya tahan air, pembangunan toilet dan kamar mandi, serta menyediakan fasilitas bagi kaum difabel
  • Kesehatan; Menyediakan kursi roda, ongkos berobat, biaya fisioterapi, menyediakan transportasi menuju pusat medis
  • Pendidikan: Banyak anak di Bali yang tidak dapat mengenyam pendidikan sekolah dikarenakan kekurangan dana untuk membeli seragam sekolah maupun keperluan buku, Global Village memiliki target untuk membantu mereka yang memiliki kesusahan akses terhadap pendidikan
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah satu sudut unik di Global Village Kafe Lovina, dengan dinding berisikan Free DVD Exchange | Foto: Vita Ayu Anggraeni

Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam berlokasi di Jalan Anturan, Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81152 atau dikenal dengan area Lovina.

Kafe ini menyediakan beragam jenis masakan lokal maupun internasional dengan rasa yang nikmat.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah satu produk jual di Global Village Kafe Lovina | Foto: Vita Ayu Anggraeni

Tidak hanya menarik dengan konsepnya serta masakan dan minuman yang menggugah selera, kafe ini juga menjual beberapa barang kerajinan tangan khas Bali yang hasil penjualannya juga diperuntukkan untuk tujuan dari badan sosial tersebut.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah satu sudut dengan potret Che Guevara tergantung di dindingnya | Foto: Vita Ayu Anggraeni

Tidak hanya itu, kafe ini juga mengikuti perkembangan zaman dengan kebutuhan swafoto atau selfie yang meningkat, kafe ini mengusung tema Meksiko-ish dengan banyak warna serta potret diri para pemimpin bangsa dengan gayanya masing-masing seperti Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Dalai Lama, serta Presiden pertama Republik Indonesia, Presiden Soekarno, dan banyak lagi.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu