Tidak Hanya Nemo, Ikan Mungil Ini Juga Lucu

Tidak Hanya Nemo, Ikan Mungil Ini Juga Lucu
info gambar utama

Anda akan dengan mudah jatuh cinta, bila bertemu dengan ikan yang mungil ini. Bagaimana tidak, warnanya yang cerah dengan bentuk tubuhnya yang mungil, serta bentuk mukanya yang lucu, akan membuat kita enggan mengalihkan mata dari mereka.

Ikan lucu ini mempunyai beberapa alias atau nama, diantaranya yellow coral gobby, yellow clown gobby, atau biasa juga disebut sebagai okinawa goby.

Ikan ini cukup banyak ditemukan di sebelah barat laut Pasifik dan perairan Jepang. Ikan ini juga bisa ditemukan di perairan nusantara. Ukuran tubuhnya yang cukup mungil yaitu hanya sekitar 3,5 cm saja untuk ukuran terbesarnya, membuatnya cukup sulit untuk ditemukan. Ditambah dengan kegemarannya bersembunyi di lubang-lubang karang, limbah botol ataupun kaleng bekas yang ada di dalam laut, menyebabkan para pehobi fotografi underwater sering melewatkan keberadaannya. Padahal, tampang si goby kuning ini cukup fotogenik, jika diabadikan dengan kamera.

Pada dasarnya, ikan ini bukanlah ikan yang mempunyai sifat agresif, atau dengan mudah menyerang ikan lainnya. Tetapi ikan goby kuning bersifat teritorial. Atau hanya bersigat agresif apabila ikan lain yang mempunyai ukuran sama, melanggar daerah tempat tinggalnya, dan sifat teritorialnya ini, akan meningkat dua kali lipat apabila mereka sedang masa memijah atau bertelur. Telur-telur goby kuning akan diletakan di sekeliling mereka.

Ikan goby kuning banyak ditemukan di sebelah barat laut Pasifik, perairan Jepang dan perairan nusantara | Foto: Wisuda
info gambar

Ikan goby kuning, pada awalnya dilahirkan betina semuanya, dan bersifat protogynous hermaprodites, atau walaupun semua dilahirkan betina, tetapi ketika dewasa dan memasuki usia memijah mereka akan merubah jenis kelaminnya. maka dalam hal pasangan goby kuning yang dua-duanya betina, yang mempunyai ukuran besar, akan merubah kelaminnya menjadi jantan.

Sebaliknya, apabila keduanya berkelamin jantan, maka goby kuning yang mempunyai ukuran lebih kecil, akan merubah kelaminnya menjadi betina. Sang jantan akan membuahi telur dan menjaganya sampai usia menetasnya. Telur akan memperlihatkan bentuknya pada hari ke 40.

Sepasang ikan goby kuning. Ikan ini terlahir berkelamin betina dan bersifat protogynous hermaprodites. Ketika dewasa dan memasuki usia memijah mereka akan merubah jenis kelaminnya | Foto : Wisuda
info gambar

Si mungil ini juga merupakan hewan karnivora. Dalam hal ni, mereka memakan meso plankton. Walaupun begitu, mereka bukanlah tipe hewan pemburu yang akan keluar dari sarangnya untuk berburu makanannya. Goby kuning akan menunggu makanannya lewat dan masuk dalam jangkauannya. Mereka akan menyergap dengan tiba-tiba, lalu kembali lagi dengan cepat ke dalam tempat tinggalnya.

Walaupun ikan ini tidak masuk ke dalam daftar hewan-hewan yang langka, tetapi explorasi terhadap keberadaan hewan ini sudah mulai terjadi. Bentuknya yang lucu, membuatnya cukup populer di kalangan pemelihara ikan hias air laut. Pengembangbiakan atau cara pembudidayaan, sepertinya adalah langkah solutif, untuk mencegah keberadaan hewan ini menjadi langka.

Sepasang ikan goby kuning yang sedang menjaga telurnya | Foto: Wisuda
info gambar


Sumber: Diposting ulang dari Mongabay Indonesia atas kerjasama dengan GNFI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini