Tricycle Bike, Sepeda Listrik Untuk Penyandang Disabilitas

Tricycle Bike, Sepeda Listrik Untuk Penyandang Disabilitas
info gambar utama

Tulis berita baik Anda di sini..

Pekanbaru (18/9) – Inovasi transportasi diciptakan untuk membantu penyandang disabilitas. Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) membuat sepeda listrik roda tiga untuk penyandang disabilitas. Alat ciptaan Yudi Pranata ini diberi nama tricycle bike.

Ide pembuatan sepeda ini dikarena melihat masih minimnya peran pemerintah dan masayrakat terhadap kaum disabilitas untuk memberikan sebuah alat transportasi yang fleksibel dan nyaman bagi penyandang disabilitas. Karena hal tersebut, ia menjadi terinspirasi untuk membuat suatu karya Tugas Akhir kuliah dengan membuat sebuah alat sepeda listrik roda tiga untuk penyadang disabilitas.

Tricycle Bike merupakan suatu kendaraan sepeda listrik roda tiga dengan menggunakan dual system kendali yakni sistem elektrik dan sistem manual. Kendaraan ini dikhususkan bagi para penyandang disabilitas.

Yudi menjelasakan cara kerja dari tricycle bike ini dapat dikendalikan secara model manual dan elektrik. “Cara bekerja sistem elektrik yaitu saat pengguna menaiki kendaraan, sensor berat akan mendeteksi adanya beban, apabila beban badan pengguna dibawah beban maksimum, pengguna dapat menjalankan kendaraan ini dengan cara menekan langsung tombol pushbutton sehingga kendaraan akan berjalan”, jelasnya

Ia juga menambahkan, apabila beban pengguna kendaraan melebihi beban maksimum yakni diatas 70 kilogram, kendaran tidak dapat dioperasikan pada mode elektrik.

“Jika beban pengguna sepeda diatas dari maskimum, ia tidak bisa menggunakan mode elektrik, namun pengguna masih bisa menggunakan sepeda dengan mode manual dengan mengeluarkan tenaga yang cukup besar”, tambanya

Diharapkan alat ini untuk dapat membantu kaum disabilitas khususnya orang-orang yang mengalami cacat kaki guna membantu mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti bepergian.


Sumber: pcr.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini