Irlandia Membuka Kesempatan Besar Bersekolah Bagi Warga Indonesia

Irlandia Membuka Kesempatan Besar Bersekolah Bagi Warga Indonesia
info gambar utama

Irlandia sedang berusaha menarik minat warga Indonesia untuk bersekolah di negaranya, hal tersebut yang mendasari kedatangan Menteri Pendidikan dan Keterampilan Irlandia, Richard Bruton di Jakarta, Senin lalu.

Mengenai pertemuan dari universitas di Irlandia dan badan pendidikan lokal di Jakarta Senin lalu, Bruton menegaskan mengenai pertumbuhan cepat di sektor pendidikan pada tahun-tahun terakhir di Irlandia, menyebutkan bahwa Irlandia telah mengembangkan sektor tersebut menjadi sebuah area unggulan kompetitif dan juga menghasilkan potensi kuat pada pengalaman belajar.

Bruton juga menyebutkan perkembangan Irlandia di bidang agriscience, merupakan perekonomian baru dan riset berdasarkan teknologi tinggi.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Berdasarkan data dari kedutaan, Irlandia saat ini merupakan rumah bagi 60 mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan pendidikan tinggi disana, termasuk Ibukota Dublin dan beberapa kota kecil seperti Cork, Limerick, dan Galway.

Untuk menambahkan pengalaman pendidikan, ucap Bruton, mahasiswa internasional yang mengejar pendidikan tersier di Irlandia dapat memilih untuk tetap di negara itu setelah lulus untuk bekerja selama satu atau dua tahun, tergantung pada tingkat pendidikan yang dicapai.

"Salah satu kesempatan yang kami tawarkan untuk mahasiswa yang bersekolah di Irlandia untuk tetap tinggal dan mungkin mendapatkan pengalaman bekerja dengan entah perusahaan multinasional atau perusahaan Irlandia yang sesuai dengan bidangnya," ucapnya.

Irlandia, merupakan sebuah negara dengan populasi mencapai kira-kira 4.5 juta, dengan 33 universitas, yang kebanyakan sangat unggul dalam sains dan inovasi. Sedangkan, ibukota Dublin merupakan rumah bagi kantor pusat beberapa perusahaan multinasional, seperti Google dan Facebook, yang menjadikannya ladang kesempatan untuk magang dan pengalaman bekerja.

Pada event yang sama, Isobel Walton, Manager Pendidikan Untuk ASEAN Irlandia, menekankan kekuatan riset dari Irlandia dengan menyebutkan pencapaian Irlandia yang berada di peringkat kedua sedunia dalam nanoteknologi.

"Irlandia juga merupakan salah satu negara teraman di dunia," tambah Walton, salah satu faktor yang ia sebutkan sebagai konsiderasi penting bagi para mahasiswa dalam memilih destinasi bersekolah di luar negeri.

Berdasarkan Indeks Perdamaian Global 2017, Irlandia berada di posisi ke 10 peringkat negara teraman di bumi. Daftar tersebut dibuat oleh Institute for Economics and Peace, menggolongkan 163 negara berdasarkan "level kedamaiannya."


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini