TAMAN KRAMAT, SPOT FOTO BARU KAMPUNG KRAMAT

TAMAN KRAMAT, SPOT FOTO BARU KAMPUNG KRAMAT
info gambar utama

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial yang dibimbing oleh Dr. Fauzik Lendriyono S.Sos, M.Si, melakukan kegiatan praktikum II berupa pemberdayaan dan branding di kampung Kramat selama satu bulan. Dalam prakteknya, kegiatan ini terdapat program-program yang telah disusun dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus untuk mem-branding kampung Kramat supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Salah satu program yang dimaksud adalah pembuatan taman. Taman yang dikonsep oleh kelompok praktikan ini menitikberatkan pada penghijauan, pemberdayaan dan adanya spot foto guna menambah daya tarik taman itu sendiri.

Asfuri Alin selaku penanggungjawab kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar untuk memberikan pemberdayaan masyarakat terkhusus di kampung Kramat dan juga branding kampung Kramat. Program ini merupakan salah satu program dari divisi lingkungan yang terfokus pada kebutuhan lingkungan sekitar. Melihat lingkungan sekitar kampung Kramat yang masih ada satu lahan kosong yang masih belum dimanfaatkan sebagai lahan kami berfikir untuk mengubah tempat yang awalnya masih belum rapi dan banyak tumpukan kayu yang tidak terpakai. Lantas terpikirkan gagasan untuk membuat taman agar lebih rindang dan sejuk dengan nuansa tidak keluar dari tema kampung Kramat yakni warna hijau, putih, abu-abu, dan hitam.

Perlu diketahui juga bahwa kampung Kramat ini terletak di Jl. Bali No.9, Kasin, Klojen, Kota Malang yang notabene dekat dengan alun-alun kota Malang sehingga akses yang mudah ini dapat dimanfaatkan oleh praktikan utuk menarik pengunjung datang ke kampung Kramat. Terlebih kampung ini dikenal sebagi kampung tematik dengan nuansa “menyeramkan” dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan makam.

Program pembuatan taman ini tidak serta merta hanya terfokus pada penghijaun namun disisi lain dengan adanya taman ini perekonomian masyarakat dapat meningkat. Hal ini diutarakan oleh Sigit Afandi yang selaku ketua praktikum bahwa adanya taman ini dapat bermanfaat bagi warga setempat dan juga yang terpenting adalah dapat menarik wisatawan datang ke kampung Kramat karena tempatnya yang asik dan juga menyenangkan. Dengan datangnya pengunjung semoga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kampung Kramat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Diki Wahyudi salah satu anggota divisi lingkungan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membangun kreatifitas masyarakat atau bisa disebutkan pembangunan masyarakat, karena kegiatan ini dilakukan bukan hanya mengandalkan praktikan yang berada di kampung Kramat akan tetapi masyarakat memang dilibatkan untuk membangun kampung tersebut sesuai dengan apa yang menjadi keinginan masyarakat disana dan dikolaborasikan dengan tawaran konsep dari mahasiswa praktikan tersebut.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini