Pengalaman Berendam di Onsen Jepang Ala Kota Batu

Pengalaman Berendam di Onsen Jepang Ala Kota Batu
info gambar utama

Pernah bayangin berendam di onsen?Itu lho kolam air panas yang di Jepang. Tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang, cukup pergi ke Kota Batu, Jawa Timur kita bisa merasakan berendam di onsen ala-ala Jepang lho.

Terletak di Onsen Hot Spring Resort, Genki Onsen ini adalah fasilitas pemandian umum yang menggunakan belerang panas yang mengalir langsung dari Candi Songgoriti.

Genki Onsen in Batu, East Java, adopts a traditional Japanese 'onsen' concept. (JP/Nedi Putra AW)
info gambar

Adista Anggraini selaku Humas dari Onsen Hot Spring Resort menyebutkan bahwa fasilitas pemandian tersebut mengadopsi konsep onsen tradisional Jepang, menggunakan air panas 42 derajat selsius yang tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh namun juga bermanfaat untuk kulit dan memberikan pengalaman yang menenangkan.

Buka hanya 3 jam dari pukul 2 siang hingga 5 sore, kolam pemandian air panas ini dipisah untuk pengunjung wanita dan pria. Setiap kolam mampu mengakomodasi hingga 20 orang.

Tidak hanya kolam pemandian air panas, Genki Onsen juga memiliki kolam dengan air dingin.

Menurut Adista, sebaiknya pengunjung berendam di kolam belerang terlebih dahulu sebelum berpindah ke kolam air dingin, dan kembali ke kolam belerang dan kolam air dingin sebanyak tiga kali untuk merasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Untuk perihal kebersihan, Adista menjelaskan bahwa Genki Onsen mengganti airnya setiap hari.

Namun, berbeda dengan onsen tradisional Jepang, dimana pengunjung diharuskan berendam tanpa pakaian, di Genki Onsen disediakan pakaian dalam sekali pakai dan kamisol atau bokser.

Salah satu titik ala Jepang di Onsen Resort | Sumber: IDN Times
info gambar

Pengunjung dilarang menggunakan gadget saat berendam di kolam air panas.

Selain berendam di kolam air panas, pengunjung juga dapat berkeliling resort dan berfoto ria di beberapa titik sambil mengenakan yukata (pakaian tradisional musim panas Jepang).


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini