Keren, Peneliti ITB Ciptakan "Kecoa" untuk Mata-mata Militer

Keren, Peneliti ITB Ciptakan "Kecoa" untuk Mata-mata Militer
info gambar utama

Peneliti di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan robot berbentuk kecoa. Robot unik ini didesain untuk kegiatan operasi senyap intelijen yang bisa melakukan penyadapan dan pengintaian seperti halnya di film-film.

Ketua tim penelitian robot tersebut adalah Augie Widyotriatmo, S.T., M.T, Ph.D., dari KK Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Teknologi Industri dibantu mahasiswa S1 dan S2 ITB. Pengembangannya dilakukan di Laboratorium Instrumentasi dan Metrologi Fakultas Teknologi Industri.

Salah seorang penelitinya Muhammad Hablul Barri menjelaskan, bahwa pengembangan robot tersebut didasarkan pada belum adanya teknologi robot berbentuk serangga yang dipasarkan kecuali hanya untuk kapasitas mainan. Sementara itu kebutuhan atas teknologi pemantaun senyap sudah sangat nyata dibutuhkan.

Robot kecoa yang dikembangkan oleh peneliti ITB. Foto: Litbang.kemendagri.go.id
info gambar

Teknologi luar negeri dalam hal ini tidak dapat digunakan sebab menyangkut kerahasiaan informasi. Ini untuk menjaga integritas lembaga dan kekuatan intelijen suatu negara.

"Dengan mengembangkan teknologi robot serangga yang membawa sistem pemantauan, maka peralatan intelijen nasional dapat mandiri dan mempunyai dampak yang besar pada intelijen," katanya seperti dalam siaran pers ITB.

Di dalam robot kecoa tersebut mempunyai alat nano controller, single bot computer(computer mini), bisa WiFi, bluetooth dan dilengkapi dengan input-output, pengembangan lain yaitu pada motor, sensor, kamera lima megapiksel yang bisa autofocus, dan mikrofon untuk penyadapan suara.

Inovasi robot berbentuk kecoa untuk kegiatan operasi intelijen senyap hasil inovasi peneliti ITB. Foto: Alagraph
info gambar

Nantinya akan dilengkapi dua motor sebagai penggerak, dan komunikasi antara robot satu dan robot lainnya menggunakan WiFi yang sudah terkoneksi.

Dalam pengembangan selanjutnya, robot tersebut akan diperkecil karena ukuran saat ini terlalu besar untuk dijadikan alat pengintai. Akan tetapi keterbatasannya adalah alat-alat tersebut harus dibuat sekecil mungkin dengan fungsi yang kompleks.

"Inginnya kalau jadi, kita pakai aplikasi face tracking yang kita kasih data input wajah yang ingin diikuti, lalu dikunci, lalu diikuti oleh robot kecoa ini, dalam pengintaiannya sebenarnya kecoa ini mencari lokasi di pojok sehingga tidak terlihat di tengah-tengah keramaian," ujarnya.

Kepala Penelitian Lembaga Pengembangan Inspirasi dan Kewirausahaan ITB M Hablul Barri menunjukkan inovasi teknologi robot kecoa intelijen senyap pada acara ITB CEO NET Technopreneurship Festival 2018 di Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 18 September 2018. Foto: ANTARA/Novrian Arbi
info gambar

Robot kecoa untuk operasi intelijen senyap diharapkan mampu mengumpulkan data-data serta informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan tepat. Selaras dengan tujuan ini, maka KK Instrumentasi dan Kontrol bekerjasama dengan KK Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedia turut andil dalam melaksanakan kegiatan ini.

Dia memaparkan, secara fungsi robot ini sudah diujicobakan, tetapi kalau secara ditempatkan ke dalam cover atau cangkang berbentuk kecoa masih dalam tahap pengembangan.

"Jadi kita belum bisa cover dengan body yang ini, jadi paling mungkin bulan depan kita coba rencanakan casingnya atau cover-nya itu bagaimana. Pokoknya targetnya akhir tahun kita selesai. Jadi masih dalam pengembangan," ujarnya.


Sumber: Kemendagri | Republika | Tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini