Upgrade Kualitas, INKA dan KAI Bekerjasama dengan Perusahaan Besar di Eropa

Upgrade Kualitas, INKA dan KAI Bekerjasama dengan Perusahaan Besar di Eropa
info gambar utama

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Len Industri (Persero), PT Industri Kereta Api/Inka (Persero), PT KAI (Persero). Adapun PT Pertamina (Persero) yang juga akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan perusahaan Eropa lainnya pada Kamis 20 September 2018.

Dengan disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, Duta Besar RI untuk Republik Ceko Aulia Rahman, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Harry Sampurno, dan Deputi Bidang Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, MoU ini diteken oleh masing-masing Direktur Utama Perseroan. Penandatanganan ini dilakukan pada acara pameran industri kereta terbesar di dunia, yakni Innotrans 2018 di Jerman.

"Serangkaian kerja sama ini sebagai upaya go internasional dari industri kereta dan perlengkapan kereta Indonesia. Di mana industri kereta Indonesia dapat menjadi pemimpin pengembangan industri kereta di kawasan ASEAN," kata Rini, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/9/2018) yang dikutip dari Okezone.com

PT Len Industri akan berkolaborasi dengan perusahaan asal Kroasia, ALTPRO, dalam hal pengembangan produk dan sertifikasi guna memperkuat bisnis masing-masing. Len akan menyuplai Interlocking, LED Signal, Point Machine, CTC and Sistem Engineering. Sementara Altpro akan memasok Axle Counter System, Level Crossing, dan ATP.

Sementara KAI akan bekerjasama dengan Progress Rail, sebuah perusahaan pemasok produk dan layanan kereta api yang tergabung dengan Caterpillar. Kerjasama keduanya meliputi pengembangan dan pemeliharaan rolling stock termasuk peningkatan program pemeliharaan rolling stock, modernisasi dan repowering lokomotif, sampai penyediaan teknologi canggih untuk meningkatkan keamanan, efisiensi, dan kinerja perkeretaapian.

Untuk kerja sama KAI tersebut juga termasuk program pelatihan dan pengembangan pegawai PT KAI sebagai bagian dari proyek yang akan diadakan untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan personel KAI tersebut.

Sementara INKA akan bekerjasama dengan SKODA, perusahaan asal Republik Ceko yang memiliki kehandalan dalam merancang dan memproduksi sistem propulsi dan kontrol perkeretaapian. Keduanya perusahaan tersebut memiliki komitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kerja sama ke depannya. Serta melakukan transfer teknologi pada Traction Motor dan Propulsi.

Selain itu, INKA juga turut menandatangi kesepakatan kerja sama dengan Movement Group BV, perusahaan asal negara kincir angin yang expert dalam mengembangkan dan memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras di bidang mobilitas juga transportasi.

Sumber : Okezone Ekonomi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini