Makanan merupakan sesuatu hal penting yang tidak dapat kita hindari di kehidupan sehari-hari. Di setiap negara, makanan dapat merepresentasikan kenasionalan. Sebagai contoh, jika kita mendengar sebuah makanan bernama 'sushi' kita akan selalu tahu bahwa sushi berasal dari Jepang atau ketika kita mendengar 'tom yam' maka kita akan mengasosiasikan makanan tersebut dengan Thailand.

Lalu apa hubungan antara makanan dan Gastro Diplomacy?

Gastro Diplomacy sesungguhnya adalah proses diplomasi melalui makanan sebagai media untuk menyebarkan informasi tentang sebuah negara atau singkatnya untuk membuat sebuah negara dikenal lebih baik secara global.

Tom yum seafood | Sumber: lamaisonthai.com
Tom yum seafood | Sumber: lamaisonthai.com

Ide dibalik Gastro Diplomacy adalah memanfaatkan makanan untuk berkomunikasi dan merangkul warga global dan mencoba untuk membuat koneksi emosional dengan memenangkan hati dan pikiran melalui kenikmatan kuliner.

James Beard, seorang chef terkenal asal Amerika pernah berkata "Makanan adalah kesamaan kita, sebuah pengalaman universal".

Sejarah dari Gastro Diplomacy hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Meskipun, Hillary Clinton mengklaim bahwa makanan adalah bentuk tertua diplomasi.

Terdapat banyak nama untuk Gastro Diplomacy seperti diplomasi Dim Sum pada tahun 2005, Global Thai Program pada tahun 2002 yang secara sukses meningkatkan jumlah restoran Thailand di seluruh dunia (dari 5.500 restoran pada 2002 hingga lebih dari 10.000 restoran di 2012), diplomasi Kimchi, diplomasi Rendang (2010), Shoku Bunka Kenkyu Suishin Kondankai oleh Jepang pada tahun 2005, Dapur Malaysia untuk Dunia pada tahun 2010, dan banyak lagi.

Pada tahun 2009, Korea Selatan meluncurkan sebuah kampanye seharga jutaan dolar 'Masakan Korea untuk Dunia' untuk meningkatkan jumlah restoran Korea di seluruh dunia.

Pada 2017, CNN merilis sebuah hasil poling tentang makanan mana yang terenak di dunia, Rendang dan Nasi Goreng meraih posisi pertama dan kedua. Selain itu, Indomie sebagai brand mie instan saat ini sedang mengepakkan sayapnya lebar. Mudah ditemui dimana-mana. Di Nigeria, orang-orang menganggapnya sebagai makanan utama.

Poling CNN 2017 | Sumber: CNN
Poling CNN 2017 | Sumber: CNN

Pernah mencoba Thai Tea? Tak hanya Tom Yum dan masakan Thailand lainnya, kini Thai Tea merajalela khususnya di Indonesia karena keunikan rasanya. Banyak sekali orang yang menguploadnya di Instagram.

Sesungguhnya, diplomasi dapat menggunakan berbagai instrumen. Seperti contohnya, kita semua tahu tentang diplomasi budaya, diplomasi melalui pertukaran budaya atau diplomasi olahraga, diplomasi yang menggunakan olahraga untuk mempererat hubungan satu negara dengan negara lainnya. Gastro Diplomacy sebagai sebuah bentuk diplomasi dapat meningkatkan citra sebuah negara dan dalam hubungan internasional, citra sebuah negara sangatlah penting.


Sumber: Seasia.co

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu