Jadi Agent of Change, Mahasiswa KKM UNDAR Merukunkan Warga dalam Persoalan Kiblat di Desa Panglungan

Jadi Agent of Change, Mahasiswa KKM UNDAR Merukunkan Warga dalam Persoalan Kiblat di Desa Panglungan
info gambar utama

Beberapa waktu lalu, salah satu kampus ternama di Jombang yakni Universitas Darul 'Ulum (UNDAR) mengirim beberapa kelompok mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Dalam kelompok tersebut terdiri dari sekitar 50 orang mahasiswa/i serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan ini merupakan bentuk syi'ar Universitas Darul 'Ulum (UNDAR) juga bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Aksi nyata pengabdian masyarakat yang dilakukan para mahasiswa ini adalah "Pengukuran Ulang Arah Kiblat Masjid Al-Husna" yang bertujuan untuk menyatukan prinsip warga di Dusun Mendiro, Desa Panglungan yang sempat berseteru mengenai arah kiblat. Menurut warga sekitar, awalnya warga Dusun Mendiro khususnya jama'ah Masjid Al-Husna sholat menghadap ke arah kiblat yang berbeda antara jama'ah satu dengan jama'ah lainnya. Karena hal tersebut, mahasiswa KKM UNDAR berinisiatif untuk menyatukan warga dusun Mendiro dengan cara mengukur ulang arah kiblat Masjid Al-Husna. Dalam hal ini team KKM beserta DPL mengundang tokoh masyarakat, takmir masjid dan beberapa warga sekitar untuk menyaksikan pengukuran ulang kiblat masjid. Tidak hanya itu, mahasiswa juga menghadirkan pihak MWC NU, Koramil, Kapolsek dan BABINSA sebagai saksi dalam kegiatan ini. Selain itu mahasiswa juga menghadirkan team ahli survey dalam bidang teknik untuk mengukur secara langsung pengukuran kiblat masjid Al-Husna.

"Dulunya masjid ini sudah pernah diukur ulang, akan tetapi karena kurangnya saksi yang kompeten di bidang pengukuran kiblat ada beberapa pihak yang tidak setuju mengenai hasil keputusannya. Sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan arah kiblat jama'ah satu dengan jama'ah lainnya." ungkap Pak Asmat, warga Dusun Mendiro.

Kegiatan pengukuran ulang arah kiblat oleh team KKM UNDAR beserta team survey ini diapresiasi baik oleh warga Desa Panglungan khususnya warga Dusun Mendiro. Tidak hanya itu, pemerintah desa pun sangat berterimakasih kepada team KKM UNDAR karena sudah menjadi mediator dalam menyatukan kerukunan warga. Dukungan dan bantuan pun kerap didapatkan para mahasiswa baik berupa perizinan maupun fasilitas lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi serta berterimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada team KKM UNDAR karena sudah membantu kami dalam meningkatkan kerukunan warga kami. Melalui KKM ini juga kami merasa sangat terbantu dalam menyelesaikan beberapa problematika di Desa kami. Tidak hanya pengukuran kiblat, tetapi juga program-program kerja lainnya sangat berpengaruh bagi kami." ungkap Bu Nursianingsih, selaku Kepala Desa Panglungan dalam satu kesempatan.

Semoga kegiatan pengukuran ulang arah kiblat ini bermanfaat serta membantu masyarakat dalam mewujudkan kerukunan di lingkungan masyarakat.

Sumber: dokumen pribadi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini