Forum Kemajuan Pendidikan Daerah 2018: Perjalanan Cita-Cita Pendidikan Indonesia

Forum Kemajuan Pendidikan Daerah 2018: Perjalanan Cita-Cita Pendidikan Indonesia

© Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar

JAKARTA (15/10) – Memasuki tahun ke-8 sejak berdirinya Gerakan Indonesia Mengajar, 28 Kabupaten di Indonesia telah disambangi. 17 dari 28 Kabupaten telah mandiri setelah dibina selama kurang lebih lima tahun oleh para Pengajar Muda (PM). 11 Kabupaten lainnya masih menjadi lokasi penempatan PM.

Bersepakat sejak awal bahwa pendidikan adalah tanggung jawab kolektif, setiap daerah yang bekerja bersama Indonesia Mengajar membutuhkan peran semua pihak. Dalam hal inilah Yayasan Indonesia Mengajar menyelenggarakan Forum Kemajuan Pendidikan Daerah (FKPD), sebuah forum tahunan yang bertujuan mempertemukan para pelaku pendidikan di daerah-daerah mandiri dan yang bersinggungan dengan lingkungan Indonesia Mengajar. Para pelaku pendidikan yang terdiri dari para anggota Gerakan Indonesia Mengajar serta penggerak dan pegiat pendidikan di daerah-daerah, dapat merefleksikan perjalanan dan dampak gerakan pendidikan daerah yang telah dilaksanakan selama ini. Selain itu, FKPD juga bertujuan agar dapat menjadi ruang untuk melahirkan inisiatif-inisiatif baru gerakan pendidikan di Indonesia.

Sejak dicetuskan pada tahun 2013, FKPD telah sukses menjadi ruang untuk para pelakukan pendidikan menginspirasi satu dengan yang lain. Sebut saja misalnya Nazarudin Usman dari Kabupaten Aceh Utara yang pada FKPD 2016 bercerita mengenai komunitas belajar bahasa inggris bernama Payabaokong Says Hello di daerahnya yang digagas olehnya bersama empat PM yang pada saat itu bertugas bersama. Hadir pada forum yang sama, Muhammad Irwan dari Pulau Bawean yang menceritakan tentang gagasannya membentuk Komunitas Dhurung Elmo, bertujuan memanfaatkan lumbung-lumbung yang ada di belasan titik di Pulau Bawean sebagai taman baca bagi anak-anak.

Masih dengan tujuan-tujuan yang sama, Yayasan Indonesia Mengajar akan kembali menyelenggarakan FKPD pada tanggal 22 s/d 24 Oktober 2018 di Ancol, Jakarta. Dengan tema “Perjalanan Cita-cita Pendidikan Indonesia”, FKPD 2018 menargetkan 60 orang penggerak dan pegiat pendidikan. Para peserta akan datang dari Dinas Pendikan pemerintah-pemerintah daerah; Kepala Sekolah dan Guru dari sekolah-sekolah; serta komunitas-komunitas pendidikan. Selama tiga hari para peserta akan mendapatkan: materi refleksi gerakan pendidikan daerah selama ini; peningkatan kapasitas diri; saling berbagi pikiran dan pengalaman; pelatihan; serta penghargaan atas kinerja istimewa.

Harapannya, FKPD 2018 dapat melahirkan gagasan-gasan segar untuk memajukan pendidikan di 11 kabupaten yang bergerak bersama Gerakan Indonesia Mengajar.

Untuk anak-anak negeri tercinta.

***

Sumber:

Panitia Forum Kemajuan Pendidikan Daerah 2018

Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ada Darah Indonesia di Serial Live-Action "Avatar: The Last Airbender" Sebelummnya

Ada Darah Indonesia di Serial Live-Action "Avatar: The Last Airbender"

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye Selanjutnya

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.