Tambahan Ruang Hijau, Jakarta Barat Usulkan 100 Lahan Baru

Tambahan Ruang Hijau, Jakarta Barat Usulkan 100 Lahan Baru
info gambar utama

Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi, mengatakan sekitar 100 bidang tanah di kotamadya tersebut telah diidentifikasi dan diusulkan kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk diubah menjadi ruang terbuka hijau, termasuk taman.

"Saya sudah mendata sekitar 100 petak tanah dan mengusulkannya kepada gubernur. Mudah-mudahan, instansi terkait di pemerintahan dapat membuat ruang terbuka di Jakarta Barat," katanya pada hari Minggu (14/10/18) sebagaimana dikutip oleh Kompas.com.

Seorang wanita dan seorang balita menggunakan ayunan di Taman Menteng di Jakarta, dalam foto ini diambil pada 28 Februari. Pemerintah Jakarta Barat telah mengusulkan untuk mengubah sekitar 100 bidang tanah di kotamadya menjadi ruang terbuka hijau. (JP / Seto Wardhana)
info gambar

Plot kosong, katanya, dengan masing-masing memiliki ukuran yang berbeda. Ada pula lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum terlantar yang akan dimanfaatkan.

Menurut Rustam, ruang terbuka bisa digunakan sebagai ruang berinteraksi para warga, berolahraga dan tempat bermain anak-anak.

"Ruang terbuka untuk anak-anak untuk bermain di Jakarta Barat sangat terbatas. Kami akan mencoba untuk menciptakan lebih banyak ruang terbuka, meskipun ruang-ruang kecil," tambahnya.

Sebuah keluarga sedang piknik di Hutan Kota Srengseng | Sumber: gusstrav
info gambar

Sejauh ini, ruang terbuka di Jakarta Barat yang aktif digunakan dalam berkegiatan, yaitu RPTRA (ruang publik terpadu ramah anak) di setiap kelurahan yang tersebar. Ada pula area taman, yaitu Taman Catleya dan Hutan Kota Srengseng.


Sumber: Jakarta Post | Kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini