Komik Jendi Pangabean di Tengah Gemilang Asian Para Games 2018

Komik Jendi Pangabean di Tengah Gemilang Asian Para Games 2018
info gambar utama


Asian Para Games (APG) 2018 yang diadakan di Indonesia memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi nusantara. Tidak hanya menjadi acara perdana APG di Indonesia, acara ini juga jadi pertama kalinya yang diikuti oleh 43 negara. Terlebih dari itu, kinerja Indonesia sebagai tuan rumah juga terbukti baik dan mendapat apresiasi dari Presiden Asia Paralympic Committee (APC), Majid Rasheed.

Dalam APG ini, Indonesia sendiri berhasil meraih 135 medali, 38 di antaranya merupakan medali emas. Tentunya seluruh hal tersebut merupakan kemenangan bagi para atlet yang berpartisipasi. Suatu tanda bahwa individu difabel dapat meraih suatu pencapaian olahraga dan berkontribusi pada negara.

Di tengah semua kegemilangan tersebut, mungkin ada satu kisah kecil yang layak menjadi catatan kaki dalam sejarah APG 2018. Jendi Pangabean adalah salah satu atlet paralimpik yang mewakili Indonesia dan berhasil meraih medali emas ke-24 bagi Indonesia di APG 2018. Jendi sendiri bukan nama baru dalam dunia kompetisi olahraga. Dilansir dari Detik, Jendi sudah sukses memenangkan lima medali emas saat tampil di ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tentu saja, terdapat suatu kisah yang tidak banyak diketahui banyak orang di balik kesuksesan Jendi sebagai atlet Indonesia. Menanggapi hal tersebut, CIAYO Comics tertarik dengan kisah Jendi. Sebagai atlet dengan keterbatasan, Jendi adalah sosok yang menginspirasi masyarakat Indonesia. Karena itulah kisah perjalanan Jendi diterjemahkan ke dalam komik yang ceritanya disusun oleh Fahmi Hamka dan Tony Hanggoro dari CIAYO Comics.

Kedua penulis ini menceritakan kisah Jendi yang bangkit dari keterpurukan dengan selipan humor yang menghibur. Sosok Jendi digambarkan sebagai “Si Belut”, karena belut bisa bertahan hidup dalam keadaan lingkungan yang sangat buruk. Untuk ilustrasi, CIAYO Comics mempercayakan DS Studio untuk memvisualisasikan Jendi ke dalam komik.

Dengan kisah hidupnya diangkat menjadi sebuah cerita komik, Jendi berharap dapat menginspirasi banyak orang, “hidup itu segalanya perlu proses. Jelas semua orang punya cerita hidupnya masing-masing. Dengan komik ini harapannya bisa memberikan hal-hal yang positif untuk banyak orang,” ungkapnya.

Sumber: CNN Indonesia | Liputan | Detik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini