Pantai Terbaik di Dunia Menurut Para Ahli

Pantai Terbaik di Dunia Menurut Para Ahli
info gambar utama

Banyak negara di dunia ini yang dikaruniai dengan cuaca musim panas yang baik, baik wisatawan lokal dan mancanegara kebanyakan pergi ke pantai untuk melakukan sun-bathing, berenang di laut, dan bermain pasir. Tentu saja masing-masing destinasi menawarkan keunikannya masing-masing, sebuah studi terbaru menunjukkan pantai terbaik di seluruh dunia, dengan beragam lokasi yang dipilih dalam kategori yang berbeda.

Teluk Manda di Kenya | Sumber: Beach Inspector
info gambar

Studi yang dilakukan oleh Beach Inspector, memberikan penghargaan terhadap pantai-pantai terbaik di dunia tersebut dengan sekelompok ahli menghabiskan satu atau dua hari satu persatu di 1595 pantai di 52 kawasan berlibur di seluruh dunia, mengumpulkan 120 data perkunjungannya. Dengan objektifitas yang ditanamkan, proses tersebut meliputi 180,000 gambar pantai yang diambil oleh para ahli tersebut, dan evaluasi yang diberikan terhadap beberapa faktor seperti keadaan pantai, fasilitas dan kenyamanan yang tersedia, pemandangan, keindahan visual, keberagaman, dan keramahan terhadap anak kecil. Beach Inspectors kemudian menuliskan rangkuman terhadap kesan mereka terhadap pantai tersebut dan bahkan mengadakan wawancara terhadap orang-orang yang familiar dengan pantai tersebut sepanjang waktu. Beberapa pemenang kemudian didapat dalam 5 kategori yang berbeda: Wow, Pesta, Olahraga Air, Suasana, dan Liburan Klasik.

Playa de Muro, Mallorca | Sumber: Beach Inspector
info gambar

Di kategori Wow (digambarkan sebagai sebuah koleksi pantai yang akan memberikan kesan Wow terhadap pengunjungnya), para pemenangnya terdiri dari Pantai Diani dan Teluk Manda di Kenya, Cala Mariolu di Sardinia, Italia, Playa de Cofete di Fuerteventura, Spanyol, Pantai Pai Plong di Ruffian, Thailand, Canto de la Playa di Dominican Republic, Pantai Porthcurno di Cornwall, Inggris, Pantai Whitehaven di Australia dan Playa Punta Uva di Costa Rica. Berbicara pesta di atas pasir pantai, Pantai Barasti di Dubai berada di posisi teratas bersama Playa de Palma di Majorca, Pantai Golden Sands Central di Bulgaria dan Pantai Kavos Beach di Yunani.

Pantai Kavos di Corfu | Sumber: Beach Inspectors
info gambar

"Misi kami adalah untuk menunjukkan para pengguna lokasi-lokasi yang tidak akan mereka temukan di sumber manapun, dimana mereka akan mendapatkan pengalaman yang unik, dan penghargaan ini membuat para pencinta pantai untuk menemukan pantai yang terbaik untuk menghabiskan waktu liburan mereka selanjutnya," ucap CEO Beach Inspector Kai Michael Schäfer seperti dikutip dari Lonely Planet Travel News.

Pink Beach, Indonesia | Sumber: Top Tours Lombok
info gambar

Untuk kategori Olahraga Air terdapat tiga sub kategori; kitesurfing, windsurfing, dan surfing. Pantai-pantai di Meksiko, Australia, Jerman, Spanyol, dan Oman mendominasi daftar pemenang. Untuk pemenang kategori Suasan spesial dimenangi oleh Pantai Pingwe di Zanzibar, Pink Beach di Indonesia, Ile aux Cerfs di Mauritius, dan Pulau Chrissi di Yunani, sedang kategori Liburan Klasik dimenangi oleh The Beach di Dubai, Hörnum Oststrand di Jerman, Playa de Muro di Spanyol, dan Pantai Konyaalti di Turki.

Sumber: Lonely Planet

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini