Dosen Universitas Brawijaya (UB) Mengaplikasikan Probiotik Pada Pembudidaya Ikan Nila di Kelurahan Buring, Malang

Dosen Universitas Brawijaya (UB) Mengaplikasikan Probiotik Pada Pembudidaya Ikan Nila di Kelurahan Buring, Malang

Budidaya Nila Unggul © Nasrullah Bai Arifin

Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang merupakan salah satu sentra perikanan di Kota Malang. Di wilayah Buring raya terdapat sekitar sembilan kelompok pembudidaya ikan. Ikan nila merupakan salah satu jenis yang dibudidayakan di kelurahan Buring. Permasalahan yang sering dihadapi pembudidaya ikan nila di kelurahan Buring ialah tingkat kelulushidupan benih masih rendah yang dimungkinkan karena serangan penyakit dan kualitas air cenderung tidak baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, dua orang dosen program studi Budidaya Perairan (Dr. Ir. Agoes Soeprijanto, MS dan Nasrullah Bai Arifin, S.Pi., M.Sc), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui hibah kompetitif Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan ini berjudul “PKM Budidaya Nila Unggul Kelurahan Buring”.

Kegiatan PKM dilakukan pada dua mitra pembudidaya ikan nila yaitu pada sektor pembenihan dan pendederan. Pada kegiatan ini, tim pelaksana tidak hanya memberikan bantan berupa sarana budidaya tetapi juga pelatihan teknologi terkait budidaya ikan. Beberapa saran yang diberikan kepada mitra ialah kolam bundar berdiameter 3 m, induk ikan nila satu paket (100 ekor jantan dan 300 ekor betina), benih ikan nila, pakan untuk induk dan benih, dan sarana penunjang produksi. Pelatihan yang dilakukan yaitu pembuatan probiotik dan aplikasinya baik pada pakan maupun untuk media air budidaya. Mitra menuturkan bahwa dengan pemberian probiotik, nafsu makan ikan meningkat dan ikan jadi lebih sehat. Pada kesempatan ini mitra menyampaikan ucapan terima kasih kepada UB dan Kemenristekdikti atas bantuan yang diberikan. Sementara itu, ketua tim pelaksana Dr. Ir. Agoes Soeprijanto, MS berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi kedua mitra tetapi juga bagi seluruh kelompok pembudidaya ikan di kelurahan Buring.


Sumber:

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dinamika Perkembangan Praktik Audit Syariah di Lembaga Keuangan Islam Sebelummnya

Dinamika Perkembangan Praktik Audit Syariah di Lembaga Keuangan Islam

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan,  I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project Selanjutnya

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan, I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.