Film Pendek karya SMKN 3 Batu Wakili Indonesia di Festival Film Asia

Film Pendek karya SMKN 3 Batu Wakili Indonesia di Festival Film Asia
info gambar utama

Sebuah film pendek SMKN 3 Kota Batu siap diputar ke publik dan bakal mendunia. Film pendek berjudul "Angen" yang dalam bahasa Indonesianya berarti Angan ini akan mengikuti 12th Asian International Children's Film Festival yang digelar pada 19 hingga 28 November 2018 mendatang di Hokaido Jepang.

sumber : times Indonesia
info gambar

FIlm dengan durasi 3 menit ini mengambil tema Self Responsibility (Tanggungjawab). Menceritakan tentang seorang gadis cantik bernama Ani, yang yatim, rajin, dan berbakti dengan orangtuanya. Ani memiliki prestasi akademik yang sangat bagus, ia juga mendapat beasiswa.

Suatu hari, ia dihadapkan pada pilihan yang sulit. Ani dijodohkan oleh sang Ibu dengan orang kaya.

“12th Asian International Children's Film Festival ini merupakan bagian dari kegiatan Jenesys 2018, yang diselenggarakan kedutaan Jepang,” ujar Ketua Jurusan Produksi Film SMKN 3 Batu, Ady Wicaksono, S.Pd., S.Sn., MT. yang dikutip dari Timesindonesia.co.id

Awalnya SMKN 3 mendapatkan undangan seleksi pada tanggal 21 Agustus 2018 langsung dari Kedutaan Besar Jepang atas dasar konsistesi perfilman di SMKN 3 Batu. Saat itu terseleksi 3 film dari 3 sekolah di Indonesia, salah satunya adalah SMKN 3 Kota Batu untuk menjadi peserta Festival. “Kita juga ditunjuk menjadi supervisor kontingen,” ujar Ady.

sumber : times indonesia
info gambar

Film ini dikerjakan oleh seluruh siswa kelas XI jurusan broadcasting. Film ini juga produksi pertama dari jurusan produksi film yang merupakan jurusan yang baru dibuka tahun ini di SMKN 3 Batu.

Produksi film ini berlangsung hanya dalam 2 minggu, mulai pra produksi sampai pasca produksi. Untuk sound editing dibimbing oleh sebuah production house film di Kota Malang. Produser film ini adalah Vibinur Wulandari, soundman adalah Kukuh Yulidyon dan sutradara adalah Imaniar Muslimah.

Total pemain film ini berjumlah lima orang dengan kru produksi sebanyak 18 siswa. “Kru supportnya melibatkan beberapa siswa kelas X jurusan produksi film,” ujarnya.

“Ikut festival sebaik mungkin saja dulu, semoga ada kejutan lagi, lolos seleksi saja sudah kejutan luar biasa. Nanti pesertanya dari 10 negara se Asia,” kata Ady.

Anggaran film Angen ini diproduksi dengan menggunakan anggaran sekolah dari pos anggaran Program jurusan Produksi Film sebesar Rp 3,6 juta.

--

Sumber : Times Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini