Indonesia Jadi Merek Negara Paling Berharga di Kawasan Asia Tenggara!

Indonesia Jadi Merek Negara Paling Berharga di Kawasan Asia Tenggara!
info gambar utama

Baru-baru ini brand Finance merilis laporan tahunannya mengenai 100 merek negara paling berharga di dunia. Perusahaan konsultan tersebut menilai merek global yang ada dengan mengevaluasi merek nasional dari suatu negara berdasar keadaan di negaranya dan ekonomi secara keseluruhan dengan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk sosio-ekonomi.

Wakatobi, Salah Satu Pariwisata Andalan Indonesia | Sumber dok: Wikipedia
info gambar

Dikutip dari Seasia, melalui Kompas diketahui bahwa merek nasional “dengan kategori kuat” rupanya menunjukkan lingkungan yang sangat menarik untuk melakukan investasi, mendorong investasi masuk, menambah nilai ekspor, dan menarik wisatawan serta pekerja yang terampil.

Sebab kondisi demikian turut diperkuat dengan hadirnya pariwisata sebagai sumber pemasukan potensial utama untuk semua negara. Oleh sebab itu tak dapat dipungkiri jika persaingan yang sangat ketat menjadi komponen penting untuk memastikan semua titik dari merek-merek yang ada yang dapat diselaraskan dalam memberikan pengalaman terbaik.

Indonesia dalam Jajaran Merek Paling Berharga di Asia Tenggara | Sumber dok: Info Indonesia
info gambar

Diketahui bahwa Amerika Serikat menjadi merek negara paling berharga di dunia dengan nilai 25,9 triliun dollar AS. Disusul kemudian China yang menduduki peringkat kedua dengan nilai 12,779 triliun dollar AS. Di posisi 3, 4, dan, 5 terdapat Jerman, Inggris, dan Jepang yang ikut masuk dalam daftar lima besar merek negara paling berharga di dunia.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Menariknya, Indonesia berada di peringkat 16 dengan nilai 848 miliar dollar AS. Posisi ini mengungguli negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, termasuk Singapura yang harus puas berada di posisi kedua.

Berikut GNFI sertakan daftar negara Asia Tenggara dengan merek paling berharga:

  1. Indonesia, peringkat 16 dunia dengan nilai merek 848 miliar dollar AS
  2. Singapura, peringkat 28 dunia dengan nilai merek 530 miliar dollar AS
  3. Filipina, peringkat 29 dunia dengan nilai merek 524 miliar dollar AS
  4. Malaysia, peringkat 30 dunia dengan nilai merek 523 miliar dollar AS
  5. Thailand, peringkat 31 dunia dengan nilai merek 509 miliar dollar AS
  6. Vietnam, peringkat 43 dunia dengan nilai merek 235 miliar dollar AS
  7. Myanmar, peringkat 73 dunia dengan nilai merek 52 miliar dollar AS


Sumber: Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini