Jakabaring Sport City akan Memiliki Fasilitas Lengkap Olahraga Air

Jakabaring Sport City akan Memiliki Fasilitas Lengkap Olahraga Air
info gambar utama

Jakabaring Sport City (JSC) atau Kompleks Olahraga Jakabaring adalah stadion yang berkapasitas 40 ribu orang, dibangun untuk menyambut PON ke XVI pada tahun 2004 dan dikembangkan lagi untuk SEA Games ke XXVI pada tahun 2011. Berlokasi di Kota Palembang, kompleks ini memiliki ukuran seluas 325 hektar.

Setelah rangkaian acara Asian Games 2018 kemarin, kabarnya kompleks olahraga tersebut akan dibangun pusat "watersport" untuk olahraga air, yang nantinya masyarakat umum bisa menikmati fasilitas tersebut. Selain itu hal ini juga sebagai upaya menjaga eksistensi kawasan JSC.

Senin kemarin (22/10), Direktur Utama PT JSC Meina Fatriani Paloh di Palembang, mengungkapkan bahwa keberadaan Danau JSC sebenarnya sudah terkenal sebagai sarana olahraga air sehingga ini dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis. Bahkan saat ini JSC memiliki dua unit jet ski.

"Wali kota (Palembang, Harnojoyo) sangat mendukung karena memiliki visi mengenai wisata olahraga di Palembang... Jadi semuanya masih dikaji. Apabila semua sudah siap, maka akan dibuka untuk umum," Ujar Meina yang dikutip dari CNN Indonesia.

Hal ini juga disambut baik oleh perusahaan BUMD dengan menunjukkan rencana mereka yang akan membuat pasar terapung disekitar Kanal.

Namun pastinya rencana ini tidaklah dapat berjalan tanpa adanya dana, bahasan ini ditanggapi secara serius olehnya.

"Kami butuh investor dan dukungan pemerintah mulai dari Pemkot Palembang, Pemprov Sumsel, hingga Pemerintah pusat," ujar Meina.

Walaupun akan ada pengembangan wisata olahraga pada JSC, kompleks tersebut masih tetap menjadi tempat untuk digelarnya olahraga dan kejuaraan. Rencana yang mungkin akan diadakan tahun depan seperti kejuaraan kano, bowling, triatlon, menembak, dan voli pantai tingkat dunia.

--

Sumber : CNN Indonesia, Kumparan, Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini