Kedepannya Indonesia Tak Perlu Impor Ban Pesawat Lagi

Kedepannya Indonesia Tak Perlu Impor Ban Pesawat Lagi
info gambar utama

Pesawat Terbang menjadi alat transportasi yang sangat disukai oleh banyak masyarakat di Indonesia, selain dapat mempercepat untuk sampai ke tempat tujuan, ukurannya yang besar mampu membawa penumpang dalam jumlah yang banyak.

Alat transportasi pastinya butuh bahan-bahan yang terbaik, mulai dari body pesawat hingga mesin-mesin di dalamnya. Termasuk juga roda pesawat yang harus mampu menopang berat badan pesawat yang dapat mencapai berton-ton. Ban pesawat wajib menahan semua beban dengan aman.

Berbicara soal ban pesawat, Indonesia kedepannya tidak akan lagi mengimpor ban pesawat. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kabarnya menggandeng BUMN asal China untuk membangun pabrik ban pesawat pertama di Indonesia. Dalam kurun waktu 6 bulan kedepan, nantinya Garuda Indonesia akan membuat anak usaha baru.

BUMN asal china itu menanamkan modalnya sebesar USD 500 Juta. Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra meresmikan kerjasama ini pada saat pertemuan Bank Dunia-IMF beberapa waktu lalu.

"Ban vulkanisir untuk pesawat, jadi kita di Indonesia kan belum ada nah kita sudah dapat investor dari China enilai 500 juta USD, kita sudah teken (tanda tangan) kemarin di forum IMF," kata Pria yang akrab disapa Ari, dikutip dari Merdeka.com

Selama ini Garuda memang sudah memiliki anak usaha bergerak di bidang perawatan pesawat yaitu PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk. Namun perusahaan tersebut tidak mencakup manufakturing.

Selama ini Garuda Indonesia memiliki anak usaha di bidang perawatan pesawat, yaitu PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk. Tetapi belum termasuk manufatur. Bahkan di Indonesia sendiri belum ada pabrik ban pesawat, meskipun bahan mentah tersedia.

Nantinya selain Garuda Indonesia dan citilink, maskapai lain dapat memesan ban buatan anak perusahaannya. Nilai plusnya pasti dari segi harga yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang sama.

--

Sumber : Merdeka.com, Kaskus, Obenplus.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini