Kebun binatang tertua di Prancis menyambut anggota termuda pada hari Rabu lalu, seekor bayi orangutan berusia delapan hari yang diberi nama Java atau berarti Jawa.

Kelahiran Java tersebut terekam oleh para wartawan di Kebun Raya Jardin des Plantes di Paris berada di pelukan induknya, Theodora. Induk dan bayi orangutan tersebut keduanya dikatakan baik-baik saja.

Bayi Java dan induknya Theodora di Kebun Binatang Ménagerie du Jardin des plantes, Prancis | AFP/Eric Feferberg)
Bayi Java dan induknya Theodora di Kebun Binatang Ménagerie du Jardin des plantes, Prancis | Foto: Eric Feferber / AFP

Orangutan adalah salah satu spesies yang paling terancam punah di dunia, dengan hanya sekitar 50.000 yang tersisa di habitat alami mereka di hutan hujan Kalimantan dan Sumatra.

Java adalah individu yang kelima dari jenisnya yang berada di Kebun Binatang Menagerie du Jardin des Plantes, yang pertama kali dibuka pada tahun 1794 di Left Bank Paris dan baru-baru ini meluncurkan rencana untuk kandang orangutan baru senilai tiga juta euro ($ 3,4 juta).

Ayahnya, Banggi, seekor jantan muda yang lahir di Spanyol pada tahun 2006, telah dipisahkan dari ibu dan bayinya "karena menurut sifat bawaannya bahwa orangutan jantan tidak membesarkan anak mereka," kata kebun binatang itu dalam sebuah pernyataan.

Matriark dari pasukan orangutan yang ada di kebun binatang, Nenette, telah menjadi perlengkapan di sana sejak kedatangannya pada tahun 1972 setelah diselamatkan dari pemburu di Kalimantan.

Individu orangutan lain yang ada di Kebun Binatang ménagerie du jardin des plantes, Prancis | Sumber: MNHN
Individu orangutan lain yang ada di Kebun Binatang ménagerie du jardin des plantes, Prancis | Sumber: MNHN

Orangutan, sering dianggap paling tidak ramah di antara golongan kera besar, menghabiskan sebagian besar hidup mereka di pepohonan, menggunakan tangan dan kaki yang cekatan untuk berayun dari dahan ke dahan.

Dalam waktu dua dekade, populasi mereka di alam liar telah berkurang separuh, dan hingga 80 persen habitat alami mereka telah dihancurkan.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu