Mitos Masa Kecil Dulu yang Ternyata Ada Alasannya.

Mitos Masa Kecil Dulu yang Ternyata Ada Alasannya.
info gambar utama

Masa kecil adalah masa-masa yang sangat susah untuk dilupakan, apa yang kita dengar dan apa yang kita lihat sepertinya mudah untuk diingat. Nostalgia jaman dulu memang membuat kita teringat hal apapun, termasuk mitos-mitos yang ada di Masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Tapi tahukah kawan, ternyata mitos-mitos tersebut sebenarnya ada alasan ilmiah dan adab kesopanan. Berikut ini adalah mitos-mitos yang pernah kita dengar atau bahkan kita alami pada masa kecil lalu :

1. Dilarang berdiri di bawah pohon ketika malam hari

Ketika masih kecil, orangtua kita selalu mengatakan jangan sekali-kali duduk atau berdiri di bawah pohon ketika malam hari, sebab setan atau penunggu pohon tersebut akan membius kita yang membuat kita pingsan. Alasan ilmiahnya adalah, sejatinya pohon akan mengeluarkan karbondioksida pada malam hari. Jika kita terlalu lama menghirupnya, proses pernafasan manusia akan terganggu.

2. Jangan memakai sesuatu yang tajam atau memotong kuku di malam hari

Mitos ini sebenarnya memiliki tujuan untuk menghindari jari orang yang sedang memotong kuku tidak terluka saat memotong kuku di malam hati. Karena pada jaman dulu, lampu dan listrik tidak masih susah.

3. Ketika hujan, dilarang berdiri di ambang pintu.

Saat musim hujan tiba, mitos ini muncul di tengah masyarakat. Jika berdiri di ambang pintu saat hujan, mitosnya akan tersambar petir. Mitos ini bertujuan agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah dan tidak membasahi lantai rumah.

4. Keluar Rumah di Waktu Magrib, Nanti Bisa Diculik Wewe Gombel

Mitos ini dikhususkan untuk anak-anak yang masih bermain di luar rumah menjelang maghrib. Terkadang mereka susah untuk diajak pulang ke rumah karena terlalu asyik main bersama dengan teman-teman. Sebenarnya, hal ini bertujuan agar anak-anak tidak keluar saat maghrib tiba, sebab waktu maghrib adalah waktunya orang beribadah. Selain itu, waktu maghrib adalah waktunya beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Bahkan sampai sekarang pun jika ingin bepergian, orang akan menunggu setelah waktu maghrib selesai.

5. Mandi di malam hari membuat badan linu

Mandi di malam hari mitosnya dapat membuat linu atau nyeri. Secara medis, mandi di malam hari memang dapat membuat pembuluh darah menyempit dan terjadi penumpukan asam dipersendian.

--

Sumber : kaskus, wowasyiknya, nuepoel.wordpress.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini