Surabaya, 27 Oktober 2018 – Bermula dari keinginan untuk menghubungkan, melakukan kolaborasi, merayakan, dan membangun ekonomi kota melalui sebuah gagasan kreatif, muncul inisiasi kegiatan Suroboyo Creative Week untuk menjadi simpul pertemuan lintas disiplin ilmu. Nantinya, di dalam kegiatan tersebut dapat ditemui berbagai produk pemikiran dan inovasi yang ditawarkan dan dibicarakan melalui tanya jawab dengan masyarakat luas. Hal ini kemudian membuat Suroboyo Creative Week memiliki posisi strategis untuk memperkuat Surabaya dalam peta perkembangan industri kreatif nasional. Suroboyo Creative Week 2018 mengangkat tema “Theater of Mind”, yaitu manifesto semangat keberagaman dan kolaborasi kerja bersama sebagai nafas dari industri kreatif. Bagaikan sebuah teater yang mewadahi aktifitas tanpa sekat untuk berdiskusi, bertukar informasi, memperkaya referensi, serta meningkatkan kapasitas dan jejaring.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah satu sesi yang ada di Suroboyo Creative Week | Sumber: Istimewa

Tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya Suroboyo Creative Week, adapun rangkaian kegiatannya adalah Master Class, Creative Talk, Exhibition, dan Business Card Festival yang dilaksanakan pada tanggal 24-28 Oktober 2018. Rangkaian pertama pada Suroboyo Creative Week 2018 adalah Master Class, sebuah workshop yang fokus pada konsep mobil dan transportasi beserta branding-nya. Acara tersebut memiliki kapasitas 70 peserta dari kalangan akademisi (mahasiswa atau dosen desain produk dan desain komunikasi visual), profesional, dan industri. Kegiatan ini digelar selama tiga hari pada tanggal 24-26 Oktober 2018 di Harris Hotel Convention Center, Surabaya. Master yang akan mengajar pada kegiatan tersebut adalah Agus Windharto (transportation designer), Shane Paul (car designer), Baroto Tavip (branding expert), Arie Kurniawan (transportation designer), Andika Dimas (car designer), dan Adi Suprayitno (transportation designer).

Peserta Suroboyo Creative Week dan desain gambarannya | Sumber: Istimewa
Peserta Suroboyo Creative Week dan desain gambarannya | Sumber: Istimewa

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Creative Talk yang merupakan forum berbagi antara profesional dengan insan kreatif di Surabaya yang mengangkat beberapa topik diskusi yaitu “Design Thinking”, “Think Locally, Act Globally”, dan “Creative Business”. Kapasitas peserta dalam kegiatan ini adalah 400 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Oktober 2018 di Dyandra Convention Hall, Surabaya. Sembilan pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah pembicara berskala nasional dan internasional, diantaranya adalah Genie Anggita (Talent Indonesia), Tri Hariyanto (TUI Singapore), Galih Mulya (Embara Films), Antonio Ryan (Honda R&D Asia Pasifik), Andi Taru (Educa Studio), Isti Dhaniswari dan Tri Anugerah (Indonesian Trend Forecasting), Risma Suherja (Hompimpa Production), dan Akbar Maulana (LZY Visual). Bersamaan dengan kegiatan Creative Talk, diadakan pula kegiatan Exhibition yang menampilkan lima belas tenant dengan karya-karya perguruan tinggi, industri, dan komunitas, serta kegiatan Business Card Festival yang menampilkan instalasi 400 kartu nama dari pelaku industri kreatif di Surabaya sebagai area berjejaring dan bertukar informasi.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Desain digital | Sumber: Istimewa

Sekilas tentang Suroboyo Creative Week

Suroboyo Creative Week merupakan acara tahunan kolaborasi Bekraf dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya yaitu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Suroboyo Creative Week ini kerap disebut dengan SCW. SCW dibentuk untuk menghubungkan, melakukan kolaborasi, merayakan, dan membangun ekonomi kota melalui sebuah gagasan kreatif.


Sumber: Press Release

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu