Mamalia Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi, Ternyata Ada di Bogor

Mamalia Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi, Ternyata Ada di Bogor
info gambar utama

Mungkin kita bertanya-tanya, apakah hewan mamalia terbesar di dunia? Gajah? Atau Badak? Ternyata jawabannya ada di Museum Zoologi di Bogor.

Museum Zoologicum Bogoriense atau Museum Zoologi didirikan oleh J.C. Koningsberger, seorang ahli botani asal Jerman pada tahun 1894. Museum ini awalnya memiliki fungsi sebagai wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian, inventarisasi fauna, dan zoologi.

J.C. Koningsberger mengumpulkan koleksi-koleksi dari berbagai daerah di Indonesia dan juga beberapa negara di dunia, salah satunya adalah Paus Biru, mamalia terbesar di dunia.

Perbandingan besar tubuh paus biru dengan hewan lain | pinimg.com
info gambar

Paus biru atau bahasa ilmiahnya Balaenoptera musculus adalah makhluk laut yang berukuran sangat besar, dan diyakini adalah makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di planet bumi, lebih besar dari dinosaurus terbesar. Paus biru terbesar yang pernah tercatat mencapai berat 181 ton dan panjang 33 meter. Jika diletakkan di atas tanah, Paus Biru sama dengan panjang 9 mobil keluarga!

Baca Juga: Inilah Nama Kereta Api yang Diadaptasi dari Nama Hewan

Ukuran jantung paus biru adalah seukuran mobil, dan saluran pembuluh darahnya begitu besar hingga kita bisa berenang di dalamnya.

Perbandingan besar tubuh paus biru dengan paus jenis lain | amazonaws.com
info gambar

Selama ribuan tahun, para pelaut jarang sekali melihat mamalia raksasa ini dan kalaupun bertemu dengan paus biru, mereka langsung menghindar secepatnya karena merasa takut akan kemunculannya. Tentu bisa dipahami bagi orang awam seperti kita untuk merasa takut dan was was bertemu dengan makhluk berukuran raksasa ini.

Kini, kita makin tahu bahwa paus biru sama sekali tidak berbahaya bagi manusia, dan kenyataannya, mereka punya persamaan dengan kita, manusia, yakni mereka adalah mamalia berdarah hangat yang harus menghirup udara.

Museum Zoologi Bogor | newswantara.com
info gambar

Banyak koleksi lain di Museum Zoologi. Jumlah koleksi yang dipamerikan di museum ini meliputi 3,5% jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia. Selain koleksi binatang awetan, museum ini juga memiliki koleksi binatang hidup untuk penelitian ilmiah.

Baca Juga: Makhluk Misterius Muncul di Palung Jawa. Hewan Apa Itu?

Koleksi ilmiah yang ada di zoologi terbagi dalam beberapa kelompok, yakni kelompok mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lainnya.

Koleksi terbanyak yang dimiliki museum zoologi adalah koleksi serangga, yakni 12.000 jenis serangga, yang diwakili 2.580.000 contoh spesimen.

Sumber : Mongabay Indonesia | National Geographic

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini