Pemuda Ini Hadirkan Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro

Pemuda Ini Hadirkan Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro

Salah satu objek wisata Yogyakarta © Sumber: LimaKaki

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Dikenal sebagai salah satu tujuan paling populer di Yogyakarta, Jl Malioboro, kini memiliki fasilitas bike-sharing sebagai opsi alternatif bagi wisatawan untuk menjelajahi daerah tersebut.

Pengunjung dapat mengunduh aplikasi JogjaBike di Google Play sebelum menuju ke ShelterPit di mana mereka bisa menggunakan sepedanya dengan memindai kode QR. Layanan ini dilengkapi dengan kunci pintar, live location, dan sistem anti-pencurian.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bersama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat bersepeda di Malioboro dalam peluncuran Jogjabike(KOMPAS.com / Wijaya Kusuma)  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kini di Malioboro Ada Layanan Pinjam Sepeda untuk Berwisata", https://travel.kompas.com/read/2018/10/28/221500027/kini-di-malioboro-ada-layanan-pinjam-sepeda-untuk-berwisata.  Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma Editor : Wahyu Adityo Prodjo
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bersama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat bersepeda di Malioboro dalam peluncuran Jogjabike | Foto: Wijaya Kusuma / Kompas.com

"Di luar negeri sudah ada London bike, Boston bike, nah sekarang di Yogyakarta ada Jogjabike," ujar Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam peluncuran "Jogjabike" di Loko Cafe, Sabtu (28/10/2018). Haryadi menyampaikan Yogyakarta merupakan kota pariwisata.

Malioboro merupakan salah satu destinasi dan ikon yang memiliki magnet bagi wisatawan untuk datang berkunjung. Hadirnya Jogjabike ini sebagai alternatif, bagi wisatawan untuk menikmati Malioboro dengan bersepeda. Sehingga harapannya, dengan kehadiran Jogjabike ini dapat mengembangkan pariwisata Yogyakarta.

JogjaBike saat ini memiliki 20 sepeda di empat lokasi, yaitu Loko Cafe, Malioboro Mall, Kepatihan, dan Benteng Vrederburg dari 8 pagi hingga 9 malam.

Sekitar 1.000 sepeda direncanakan akan tersedia di fasilitas umum dan tujuan wisata lainnya.

Muhammad Aditya, salah satu penggagas layanan itu, mengatakan bahwa aplikasi tersebut gratis untuk digunakan orang.

Sepeda-sepeda Jogjabike terparkir di Loji Cafe(KOMPAS.com / Wijaya Kusuma)  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kini di Malioboro Ada Layanan Pinjam Sepeda untuk Berwisata", https://travel.kompas.com/read/2018/10/28/221500027/kini-di-malioboro-ada-layanan-pinjam-sepeda-untuk-berwisata.  Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma Editor : Wahyu Adityo Prodjo
Sepeda-sepeda Jogjabike terparkir di Loko Cafe | Foto: Wijaya Kusuma / Kompas.com

“Ketika mereka mengunduh aplikasi, mereka akan mendapatkan voucher yang dapat diisi ulang,” kata Aditya dikutip dari kompas.com, menambahkan bahwa mereka selalu mengevaluasi aplikasi dan mengenakan biaya per jam untuk penyewaan sepeda.

Salah satu penggagas Jogjabike Muhammad Aditya menyampaikan banyak kota di Indonesia mengalami masalah mengenai kemacetan dan polusi.

Dengan begitu, tren smart city, tren teknologi pihaknya ingin menghadirkan sepeda sebagai alternatif berwisata di Yogyakarta. Bentuknya adalah dengan bike sharing menggunakan aplikasi smartphone.

JogjaBike bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta dan menurunkan tingkat polusi serta kemacetan lalu lintas. “Itu semua dibuat di Indonesia, dari sepeda hingga aplikasinya,” kata Aditya.


Sumber: Jakarta Post | Kompas.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga65%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi19%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
36 Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Atas Prestasinya di Hari Sumpah Pemuda Sebelummnya

36 Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Atas Prestasinya di Hari Sumpah Pemuda

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.