Hai Pemuda, Jangan Sia-siakan Waktumu

Hai Pemuda, Jangan Sia-siakan Waktumu

Sumber Gambar : Pixabay

Pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok. Kutipan ini memang tidak ada salahnya bila dicermati, karena pemimpin Indonesia saat ini adalah pemuda di masanya yang lalu. Dan pemimpin indonesia masa mendatang adalah pemuda indonesia di masa sekarang. Lantas apa yang harus kita siapkan untuk menuju ke arah sana?

Pemuda tentu identik dengan semangat yang membara dan keinginan kuat untuk terus maju. Tetapi tidak semua pemuda memiliki sikap seperti ini.

Tentu banyak di antara kita yang kurang memanfaatkan waktu muda ini. “Bimbang”, kata yang selalu menggambarkan generasi muda saat ini. Kegalauan tersebut bercampur aduk seiring dari proses pencarian jati diri untuk menjadi sosok pemuda sebaik-baiknya.

Bicara soal fase muda, adalah suatu hal yang tidak akan terulang, akan timbul penyesalan di kemudian hari bila masa ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Seorang pernah berkata, ada beberapa hal sederhana namun penting yang dapat menjadi dorongan untuk mencari jati diri sebagai sosok pemuda yang memiliki keinginan kuat untuk terus maju.

Pertama kenali apa passion-mu, ibarat sebuah jantung di hati kita, ia akan terus ada dan tak mungkin hilang dalam diri kita kecuali kita telah mati.

Namun, tidak semua orang mampu mengenali passion-nya. Ia akan dikenali bila kita secara terus menerus mencari tahu apa sebenarnya passion kita.

Bila kita telah mengetahui apa passion kita, langkah selanjutnya adalah terus melatihnya dengan sungguh-sungguh agar kelak bisa menghasilkan kreasi yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Langkah kedua adalah meninggalkan zona nyaman. Saat kamu sudah berada pada zona nyaman yang membuat kamu tidak berkembang menjadi lebih baik, maka mulai dari sekarang tinggalkan, carilah sesuatu yang baru yang dapat mengembangkan passion yang lain dari dirimu.

Jika saat ini kamu merasa apa yang sudah kamu dapatkan cukup, lalu enggan untuk meningkatkan kualitas dirimu, itu adalah kesalahan besar. Karena bila terjadi demikian maka kamu akan merasa nyaman dan kualitas dirimu tidak terjadi peningkatan.

Di saat pemuda lainnya sedang mencoba hal-hal baru dan meningkatkan kapabilitas dirinya, malah dirimu terjebak dengan kualitas yang segitu- gitu saja.

Pemuda yang hebat adalah pemuda yang selalu menantang dirinya untuk berbuat dari apa yang pernah dilakukan. Cobalah bakar terus semangatmu untuk tidak pernah puas meningkatkan passionmu sehingga hasilnya akan sesuai dari apa yang kamu impikan.

Langkah ketiga adalah manajemen waktu yang baik, kepada para pemuda lakukanlah sesuatu dengan maksimal termasuk dalam penggunaan waktu.

Banyak dari kita tentu yang saat ini belum mengatur waktu dengan baik. Membuat rencana rencana hidup jangka pendek dan jangka panjang adalah salah satu cara untuk dapat mengatur waktu dengan baik. Catat impian-impian hidupmu ke depan, lalu paculah dirimu dan bakarlah semangatmu untuk kembali mengembangkan passion-mu, dan tentunya melakukan itu dengan memaksimalkan waktumu.

Tetap semangat dalam mentutaskan rencana hidup jangka pendek dan jangka panjang dan ingat bahwa “Manusia punya banyak cara untuk bermalas-malasan, tapi alam punya lebih banyak cara untuk menghukumnya”.

Alangkah indahnya bila hidup ini disikapi dengan semangat yang tinggi, dan kesabaran yang kokoh.

Dengan sikap seperti ini kamu akan menjadi sosok pemuda yang paling beda. Maka dari itu mulai dari sekarang kita tumbuhkan sikap pentingnya sebuah mimpi.

Namun mimpi akan tetap menjadi mimpi jika tidak segera menentukan tujuan, menjalankan rencana, dan mengevaluasi rencana.

So, wujudkan mimpi dan tujuanmu sekarang. Memang, mau jadi generasi pengen doang?

Anda di sini..


Sumber:

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pulau Pantara Wisata Pulau Seribu Yang Terjauh Dari Propinsi Ibu Kota jakarta Sebelummnya

Pulau Pantara Wisata Pulau Seribu Yang Terjauh Dari Propinsi Ibu Kota jakarta

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019! Selanjutnya

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019!

0 Komentar

Beri Komentar