60 Ribu Orang yang Membuat AFC Tercengang

60 Ribu Orang yang Membuat AFC Tercengang

Suporter Indonesia saat melawan Jepang © Robbi Yanto/breakingnews.co,id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Meskipun gagal melaju ke semifinal sesuai target yang dicanangkan PSSI, ada satu hal yang bisa membuat Indonesia berbangga di Piala Asia U-19 2018. Dalam ajang dua tahunan tersebut, Indonesia memecahkan rekor penonton di kategori U-19.

Federasi sepak bola Asia (AFC) menyebut bahwa jumlah penonton yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada perempat-final Piala Asia U-19 antara Indonesia melawan Jepang, mencapai 60.154 orang. AFC kemudian mengumumkan rekor tersebut melalui Twitter.

“60.154 penonton di pertandingan Indonesia lawan Jepang. Betapa sebuah pemandangan yang menakjubkan di kompetisi usia muda!” demikian kicauan akun Twitter resmi AFC, @theafcdotcom, pada 30 Oktober lalu.

Pencapaian tersebut juga mengalahkan jumlah penonton di fase grup. Saat bersua Qatar di penyisihan Grup A. pertandingan tuan rumah disaksikan tak kurang dari 38.217 pasang mata. Sekali lagi, ini adalah jumlah yang sangat besar untuk kategori kompetisi usia muda.

Banyaknya penonton yang menyaksikan laga bahkan sampai membuat pelatih Jepang terkejut. Kageyama Masanaga terkesan dengan antusiasme masyarakat Indonesia, dan mengaku ini adalah pengalaman berharga disaksikan puluhan ribu penonton saat bertanding.

Sebab, sejak berlaga di fase grup Jepang hanya disaksikan segelintir orang di tribun. Rinciannya adalah 138 penonton saat melawan Irak, 35 orang kala berjumpa Korea Utara, dan 134 pasang mata ketika bersua Thailand di laga pamungkas,

“Menurut saya, bermain di depan suporter yang banyak seperti ini sangat senang bagi setiap pemain. Apalagi, pada babak kedua Indonesia bermain agresif, tetapi kami tetap bisa menang,” terang Kageyama seperti dikutip dari Kompas.

Jepang menang dua gol tanpa balas atas Indonesia di pertandingan tersebut. Gol pertama dicetak melalui tendangan jarak jauh Higashi Shunki pada menit 40, dan digandakan Taisei Miyashiro, memanfaatkan asis cerdik Takefusa Kubo di menit 70.

Berbicara tentang rekor jumlah penonton, Persija Jakarta juga sempat melakukannya di Piala AFC tahun ini. Ketika berjumpa Johor Darul Ta’zim (JDT) di penyisihan grup, Jakmania mengisi tak kurang dari 60.157 kursi di SUGBK, mengalahkan jumlah penonton di final Piala AFC 2010 yang berjumlah 58.604 orang.


Sumber: Liputan6.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi20%
Pilih TerpukauTerpukau20%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Terbesar di Asean! Sebelummnya

Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Terbesar di Asean!

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.