60 Ribu Orang yang Membuat AFC Tercengang

60 Ribu Orang yang Membuat AFC Tercengang
info gambar utama

Meskipun gagal melaju ke semifinal sesuai target yang dicanangkan PSSI, ada satu hal yang bisa membuat Indonesia berbangga di Piala Asia U-19 2018. Dalam ajang dua tahunan tersebut, Indonesia memecahkan rekor penonton di kategori U-19.

Federasi sepak bola Asia (AFC) menyebut bahwa jumlah penonton yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada perempat-final Piala Asia U-19 antara Indonesia melawan Jepang, mencapai 60.154 orang. AFC kemudian mengumumkan rekor tersebut melalui Twitter.

“60.154 penonton di pertandingan Indonesia lawan Jepang. Betapa sebuah pemandangan yang menakjubkan di kompetisi usia muda!” demikian kicauan akun Twitter resmi AFC, @theafcdotcom, pada 30 Oktober lalu.

Pencapaian tersebut juga mengalahkan jumlah penonton di fase grup. Saat bersua Qatar di penyisihan Grup A. pertandingan tuan rumah disaksikan tak kurang dari 38.217 pasang mata. Sekali lagi, ini adalah jumlah yang sangat besar untuk kategori kompetisi usia muda.

Banyaknya penonton yang menyaksikan laga bahkan sampai membuat pelatih Jepang terkejut. Kageyama Masanaga terkesan dengan antusiasme masyarakat Indonesia, dan mengaku ini adalah pengalaman berharga disaksikan puluhan ribu penonton saat bertanding.

Sebab, sejak berlaga di fase grup Jepang hanya disaksikan segelintir orang di tribun. Rinciannya adalah 138 penonton saat melawan Irak, 35 orang kala berjumpa Korea Utara, dan 134 pasang mata ketika bersua Thailand di laga pamungkas,

“Menurut saya, bermain di depan suporter yang banyak seperti ini sangat senang bagi setiap pemain. Apalagi, pada babak kedua Indonesia bermain agresif, tetapi kami tetap bisa menang,” terang Kageyama seperti dikutip dari Kompas.

Jepang menang dua gol tanpa balas atas Indonesia di pertandingan tersebut. Gol pertama dicetak melalui tendangan jarak jauh Higashi Shunki pada menit 40, dan digandakan Taisei Miyashiro, memanfaatkan asis cerdik Takefusa Kubo di menit 70.

Berbicara tentang rekor jumlah penonton, Persija Jakarta juga sempat melakukannya di Piala AFC tahun ini. Ketika berjumpa Johor Darul Ta’zim (JDT) di penyisihan grup, Jakmania mengisi tak kurang dari 60.157 kursi di SUGBK, mengalahkan jumlah penonton di final Piala AFC 2010 yang berjumlah 58.604 orang.


Sumber: Liputan6.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini