5 Festival Budaya yang Wajib Dikunjungi di Bulan November

5 Festival Budaya yang Wajib Dikunjungi di Bulan November
info gambar utama

Bagi kalian para penggemar festival, pastinya tidak akan melewatkan kesempatan untuk hadir dan menjadi bagian dari lima festival budaya yang tersebar di nusantara.

Berikut lima festival budaya menarik yang dikunjungi pada bulan November ini, seperti disusun oleh tempo.co.

1. Kenduri Seni Melayu, 1-3 November

Kenduri Seni Melayu diadakan hingga hari Sabtu di Lapangan Engku Putri, Kota Batam, Kepulauan Riau. Acara ini diadakan untuk merayakan ulang tahun Kota Batam yang menampilkan atraksi budaya dari daratan Riau dan Kepulauan Riau.

Pengunjung dapat mencicipi masakan lokal, mencoba produk usaha kecil dan menengah, dan berpartisipasi dalam permainan tradisional. Penyanyi Iyeth Bustami akan hadir menjadi bintang tamu untuk acara ini.

2. Festival Mahakam, 2-4 November

Pengunjung dapat menikmati festival tahunan ini hingga hari Minggu yang diadakan di dekat Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur dengan berbagai kompetisi yang meliputi lomba perahu tambangan, balap perahu motor dan lomba renang di Sungai Mahakam yang terkenal.

Jangan lewatkan pertunjukan musik dengan instrumen tradisional Dayak seperti sampe (gitar tradisional).

Sungai Mahakam | Sumber: YouTube
info gambar

3. Pesta Rakyat Banda, 4-11 November

Pesta Rakyat Banda (Banda Fair) 2018 akan berlangsung dari 4 hingga 11 November di Kepulauan Banda, Maluku. Pengunjung dapat menikmati tarian, teater dan pertunjukan musik, pengalaman kuliner, pameran kerajinan tangan, kompetisi perahu tradisional, serta lokakarya dan diskusi bersejarah.

Pesona Banda | Sumber: Bandaneira.id
info gambar

4. Festival Ya'ahowu Nias, 16-20 November

Sebelumnya disebut Pesta Ya'ahowu, acara ini akan menampilkan atraksi seperti lompat batu Nias fahombo dan tari perang. Acara ini akan diadakan di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara dari 16 hingga 20 November, bertepatan dengan musim panen durian. Pengunjung dipersilahkan untuk mencicipi durian Nias yang terkenal karena rasanya yang manis.

5. Festival Budaya Cirebon, 21-28 November

Akan diadakan pada 21-28 November, festival ini menawarkan pengalaman kuliner dan peragaan busana yang menampilkan pakaian yang terbuat dari kain lokal. Kebiasaan dan tradisi kerajaan istana akan dipamerkan, menjadikannya salah satu daya tarik festival.


Sumber: Jakarta Post | Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini