Kabar membahagiakan datang dari salah satu perguruan tinggi Indonesia. Yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan tim andalan chem-e-car Spektronics, yang kembali meraih penghargaan di ajang internasional. Berkat mereka, bendera kecintaan Tanah Air dapat berkibar di Amerika Serikat.

Anak bangsa tersebut rupanya berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Video dan The Most Outstanding AIChE Student Chapter di ajang kompetisi American Institute of Chemical Engineers (AIChE) Competition 2018 di Pittsburgh, Pennsylvania, USA pada akhir Oktober lalu.

Tim Spektronics ITS diketahui berhasil mempertahankan penghargaan sebagai The Best Video yang ternyata pernah diraihnya di ajang yang sama yakni AIChE tahun 2017.

Disebutkan bahwa penghargaan yang berhasil direngkuh tidak didapat dengan tangan kosong. Tim Spektronics mengaku perlu bersusah payah untuk menyiapkan sebuah video yang mencerminkan empat faktor penting, yakni faktor tim dalam desain, percobaan, kekompakan hingga persiapan teknis setiap perlombaan chem-e-car.

Dalam Info Surabaya, Kepala Departemen Teknik Kimia ITS menyampaikan bahwa Tim Spektronics getol memperhatikan setiap detail yang ditayangkan dalam video guna memberikan hasil yang maksimal. Pasalnya diketahui bahwa penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri didasarkan atas empat faktor tersebut.

Tim Spektronics yang mewakili ITS juga Indonesia, yang bertarung di USA ini beranggotakan Miftahul Hadi, Afif Al Arif, Ronald Pakpahan, Widi Citra L, Rifqy Furtiansyah, dan Auzan Widhatama. Keenamnya pun langsung didampingi oleh Kepala Departemen Teknik Kimia ITS selaku dosen pembimbing tim.

Di kesempatan yang sama, tim Spektronics juga mendapat penghargaan sebagai The Most Outstanding AIChE Student Chapter pada AIChE Annual Conference 2018. Penghargaan tersebut  langsung diberikan oleh Presiden AIChE. Penghargaan yang diraih diberikan kepada student chapter yang aktif juga konsisten dalam partisipasi, antusiasme, dan kualitas program. Selain itu penilaian juga difokuskan terhadap profesionalisme dan memiliki peran secara aktif dalam universitas maupun komunitas.

Salah seorang perwakilan tim yakni Afif menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran yang telah membantu demi mendukung tim Spektronics  agar dapat memberikan yang terbaik untuk negeri.

Selamat Afif dan kawan-kawan. Selamat Spektronics!

Bangga Anak Bangsa!


Sumber: Info Surabaya

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu