Membicarakan Kebaikan Untuk Bondowoso di Acara Kopdar Baik

Membicarakan Kebaikan Untuk Bondowoso di Acara Kopdar Baik

Prof. Merryana Adriani, Narasumber dari FMK Unair, Bersama Ibu Bupati dan Ibu Wabup Bondowoso © Widyanti Yuliandari

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tulis berita baik Anda di sini..

Surga yang tersembunyi... Bahwa Bondowoso adalah ceceran surga yang terserak saat Tuhan menciptakannya, itu sudah sering diceritakan. Lebay? Haha…. A lil bit lebay, iya kali. Tapi jika Anda datang dan menelusuri tempat ini, Anda bakal tahu bahwa sebutan di atas tak sebenuhnya berlebihan.

Namun sepotong surga ini seperti halnya bagian manapun di dunia ini, juga memilki masalah untuk diselesaikan. Tugas saya sebagai ASN di kota kecil ini sejak 2002, sebenarnya cukup membuat saya tahu ada deretan problem di sini, seperti masalah sanitasi, kualitas air yang menurun, penyediaan air bersih yang masih menyisakan PR besar, dan lainnya. Menghadiri Kopdar Baik yang digelar di Orilla Café and Resto (Minggu 3 November 2018) ini membuat saya makin memahami, bahwa ternyata satu masalah menjadi pemicu munculnya masalah lainnya.

Stunting salah satunya. Permasalahan yang kini mengemuka ini, ternyata memiliki keterkaitan dengan hal-hal yang telah disebut di atas. Menurut penjelasan Tim Penggerak PKK Kab. Bondowoso, kasus-kasus stunting yang terjadi di 10 spot di Bondowoso dipicu oleh kebiasaan merokok di dalam rumah, praktik BABS atau buang air besar sembarangan serta pemberian ASI eksklusif yang masih kurang.

Menyempurnakan Kopdar Baik siang itu, hadir pula Prof. Merryana Adriani dari FKM Unair. Salah satu yang disampaikan beliau adalah, permasalah stunting sebenarnya dapat dicegah dengan memberi perhatian pada 1000 hari pertama kehidupan. Mengapa? Karena di saat itulah masa emas pertumbuhan. Prof Merry memberikan banyak sekali pencerahan tentang stunting yang jujur, baru sekarang saya ketahui.

Adhitya Putri, seorang influencer yang turut berbicara dalam kesempatan itu mengatakan bahwa generasi muda dapat mengambil peran penting dalam penanganan masalah stunting ini. Putri menyampaikan agar anak-anak muda rajin membaca, mencari informasi penting salah satunya tentang tumbuh kembang anak, sehingga kala mereka menjadi orang tua mereka telah tahu apa yang harus dilakukan. Peran anak-anak muda, menurut Putri juga bisa dilakukan melalui media sosial, dengan cara menyebarkan berita baik. Ibu dari 1 anak ini mengajak untuk lebih membuat VOICE daripada NOISE melalui social media.


Sumber:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Parenting Tahun Kedua dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee untuk MI Masdarul Ulum Sebelummnya

Parenting Tahun Kedua dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee untuk MI Masdarul Ulum

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok Selanjutnya

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok

widyanti yuliandari
@widyanti_yuliandari

widyanti yuliandari

https://www.widyantiyuliandari.com/

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.