Parenting Tahun Kedua dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee untuk MI Masdarul Ulum

Parenting Tahun Kedua dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee untuk MI Masdarul Ulum

Kegiatan Parenting dan Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan dari Shopee © Sutrisno Al Hazim

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Sabtu, 3 November 2018. Telah terlaksana kegiatan parenting (kelas orang tua) tahun kedua di MI Masdarul Ulum, yang berlokasi di Desa Teluk Kecapi, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan. Kegiatan parenting merupakan salah satu program kerja kesepakatan antara MI Masdarul Ulum dengan Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa yang akan dilaksanakan dua kali tiap tahunnya. Program ini berguna untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dan menumbuhkan motivasi agar orang tua dapat mendidik anak lebih baik lagi. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB oleh Ibu Tri Wahyuni selaku MC. Bapak Syarwan, S.Pd.I sebagai kepala madrasah menyampaikan dalam sambutannya bahwa pendidikan anak itu sangat penting guna masa depannya, maka dari itu peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak merupakan hal yang esensial.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah orang tua/ wali siswa serta guru-guru madrasah berjumlah sekitar 68 orang. Kawan Ravika Lisa Indra sebagai trainer dalam pelatihan Mendidik Anak Sesuai Tahap Perkembangan memaparkan materi dengan jelas. Kawan Ravika memaparkan bahwa pendidikan akhlak atau perilaku yang utama adalah di rumah (70%). Sedangkan untuk membentuk anak dengan kecerdasan intelektual yang baik, sekolah/madrasah berperan sebesar 70%. Para peserta serius memperhatikan dan menjadi pendengar yang baik selama pelatihan. Usai pemaparan dari trainer, Bapak Ahmad selaku ketua komite madrasah menambahkan bahwa pendidikan karakter atau pendidikan akhlak adalah hal utama yang menjadi tanggung jawab orang tua dalam setiap tahap perkembangan anak. Kerap dijumpai fenomena anak yang dilarang ke sekolah karena harus membantu orang tua memetik cabai, panen tanaman lain, dan sebagainya di sekolah ini. Ketua komite pun kembali menekankan bahwa anak berhak belajar dan orang tua berkewajiban untuk mendukung dan memfasilitasi pendidikan anak. Bapak Ahmad menjadi salah satu contoh orang tua yang begitu memerhatikan pendidikan anak dan menyadari betapa berharganya pendidikan sekolah dasar yang akan membantu anak meningkatkan kualitas diri.

Usai acara diskusi, setiap siswa yang didampingi orang tua/wali mendapatkan dana bantuan pendidikan dari Shopee berupa paket alat sekolah. Paket ini diperuntukkan bagi seluruh siswa MI Masdarul Ulum (83 siswa). Orang tua dan siswa sangat berterima kasih karena atas bantuan paket alat sekolah ini mampu meningkatkan motivasi belajar putra-putrinya.

Orang tua dan siswa usai parenting dan mendapatkan paket alat sekolah dari Shopee

Guna memperkokoh kerjasama sekolah dan orang tua, usai parenting dibentuk komite kelas. Komite kelas adalah salah satu orang tua/ wali murid terpilih yang dapat membantu beberapa program sekolah agar semakin baik. Setiap komite kelas berkumpul menjadi staff komite yang diketuai oleh Bapak Ahmad. Program komite yang dirancang pada tahun ini adalah penghijauan yang akan dimulai pada tahun ajaran baru. Program ini bermanfaat untuk menyulut semangat keterlibatan orang tua dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekolah, karena sekolah yang berkualitas terbentuk atas kerjasama keluarga dan masyarakat yang optimal.


Sumber:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
NABU Bawa Empat Mahasiswa Brawijaya Ini Meraih Emas Dari Mumbai Sebelummnya

NABU Bawa Empat Mahasiswa Brawijaya Ini Meraih Emas Dari Mumbai

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara  Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia Selanjutnya

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Nida Fadlilah
@nidafadlilah

Nida Fadlilah

https://nidafadlilah.blogspot.com/

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.