Kabar baik untuk para penggemar kuda besi di Tanah Air. Pada tahun 2021, akan digelar MotoGP yang salah satu balapannya bertempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MotoGP sudah mengirimkan promotornya, Dorna, bersama Carmelo Ezpeleta selaku kepala seri, untuk meninjau kelayakan dan persiapan Lombok sebagai penyelenggara salah satu seri MotoGP 2021. Sirkuit yang berlokasi di Mandalika, sebuah area bisnis di selatan Lombok, ini akan bertipe sirkuit jalan raya atau street circuit.

“Ini memungkinkan bahwa ada sirkuit di tengah kota pada MotoGP. Ada proyek yang solid di kota yang hangat. Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup, terintegrasi di pusat eksibisi,” terang Carmelo Ezpeleta, dinukil dari MotorSport.

Carmelo menambahkan, nantinya trek akan dibuat di tengah kota yang dikelilingi lapangan rumput, dan terintegrasi dengan pusat pameran. Dengan demikian, sirkuit ini juga bisa digunakan untuk kegiatan lain, tidak hanya balapan MotoGP saja.

Kontraktor sirkuit juga sudah didapat. Proyek yang dibangun di lahan seluas 131 hektar ini dipegang oleh VINCI Construction Grand Projects, perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsesi dan Konstruksi. Dana yang dibutuhkan untuk membangun Sirkuit Lombok ditaksir mencapai 1 miliar USD, atau sekitar Rp 14,8 triliun.

Selain Indonesia, Finlandia dan Meksiko juga berencana menjadi tuan rumah salah satu seri di MotoGP. Namun belum bisa dipatikan kapan kedua negara tersebut akan ikut serta, karena sampai musim 2019, pihak MotoGP ingin mempertahankan jumlah balapan tidak lebih dari 20 seri.

“Hingga 2021, kami pastinya tidak akan menggelar lebih dari 20 Grand Prix dalam setahun. Setelah itu, kita akan lihat nanti,” ujar Carmelo. Itu dilakukannya semata-mata untuk menghormati kontrak dengan sirkuit yang sudah ada saat ini.

Berita gembira ini melanjutkan kabar baik Indonesia di MotoGP. Setelah kemarin (3/11), Nusantara Jaya yang merupakan salah satu bengkel sepeda motor di Jakarta, memenangkan putaran nasional 2018 Castrol Bikes Super Mechanical Contest. Dengan demikian, mekanik Nusantara Jaya akan dikirim untuk bersaing di kontes regional Thailand, pada 14-15 November mendatang.


Sumber: Republika, FaktualNews, MotorSport

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu