PLN Akan Ekspor Listrik ke Papua Nugini

PLN Akan Ekspor Listrik ke Papua Nugini

Instalasi jaringan listrik © Matthew Henry

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Daya listrik yang dimiliki PLN Indonesia akan segera diekspor ke luar negeri. Papua Nugini menjadi tujuannya, yang diperkirakan akan terealisasi dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan manager PLN, Semuel Yarangga, pada Antara. Ia mengatakan bahwa kesepakatan kedua belah akan diselesaikan akhir bulan ini. Rencananya, Papua Nugini akan membeli listrik sebesar 2 megawatt dari PLN wilayah Papua dan Papua Barat (PLNWP2B).

Langkah berikutnya untuk merealisasikan kerja sama ini adalah menyamakan tegangan. Sebab, saat ini PLNWP2B memiliki tegangan sebesar 20 KV, sedangkan di Papua Nugini tegangannya mencapai 22 KV. Untuk menyeimbangkan, bisa dirancang memakai travo step-up.

“Kami akan menaikkan tegangan hingga sama yakni 22 KV. Pada tahapan awal, Papua Nugini akan membeli 2 megawatt listrik. Penambahan pembelian listrik akan terus berlanjut, salah satunya dialirkan ke Vanimo,” ujar Septian Pujianto, Asisten Analis Komunikasi PLNWP2B, dikutip dari Liputan6.

Vanimo memang menjadi wilayah yang ingin dialiri listrik tambahan oleh pemerintah Papua Nugini. Itu dikarenakan kota utama di provinsi Sepik Barat tersebut adalah yang terdekat dengan perbatasan Indonesia. Dari Vanimo, listrik akan dialirkan lagi ke Aitape dan jika memungkinkan sampai ke Wewak.

Ekspor listrik ke Papua Nugini juga sejalan dengan program kerja PLN ke depannya. Di tahun 2019, PLN menargetkan 99 desa di Papua dan Papua Barat sudah dialiri listrik. Saat ini PLTU Holtekamp memiliki dua mesin, yang masing-masing berdaya 50 megawatt. Sementara beban puncak di Jayapura bisa menanggung sampai 73 megawatt.

Sumber: Liputan6, RNZ

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga20%
Pilih SedihSedih20%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli20%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau20%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

2019, Sambutlah Ekspedisi 28 Gunung Indonesia Sebelummnya

2019, Sambutlah Ekspedisi 28 Gunung Indonesia

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia Selanjutnya

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.