Hak Mendapatkan Pendidikan dan Bermain

Hak Mendapatkan Pendidikan dan Bermain
info gambar utama

Sekelumit hak anak anak yang kadang terlupakan bahkan tak jarang di sepelekan, Menurut amanat undang undang bahwa setiap Anak Indonesia berhak mendapatkan Pendidikan yang Layak beserta hak belajarnya , tetapi tak jarang banyak orang tua yang melupakan hak hak anak mereka karena keterbatasan ekonomi dan keterbatasan waktu mengasuhnya.

Setiap orangtua menginginkan anaknya bisa berhasil dan hidup bahagia,Namun tak jarang pada kenyataanya anak anak akan cenderung mengikuti pola hidup orang tuanya , hidup dalam keterbatasan dan hidup dalam kemiskinan.

Dalam mendidik anak, orangtua juga perlu memberikan pendidikan dalam rumah yang tepat agar anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang seperti sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang dimilikinya. orang tua harus memperhatikan Minat anak, dan membiarkan anak anak memilih sesuai keinginannya, bebas, dan tanpa dipaksa.

Meskipun dalam keterbatasan ekonomi anak anak tetep berhak mendapatkan hak bermaiannya
info gambar

Banyak yang mengira bahwa hak belajar anak hanya di bangku sekolah saja , pada kenyataannya banyak orang orang sukses dengan belajar di luar lingkungan sekolah dan itu berarti bahwa pendidikan karakter dari orang tua dan lingkungan merupakan guru luar biasa yang akan merubah kehidupan mereka.

Lain halnya dengan hak bermaian, hak bermaian adalah hak yang melekat kepada seluruh anak di muka bumi ini meskipun dari keluarga mampu ataupun kurang mampu mereka mempunyai hak yang sama. Sebagian besar kehidupan anak adalah bermain maka penuhilah kebutuhan mereka. Ketika hak mereka terpenuhi maka generasi pembelajar mandiri akan tumbuh dan berkembang mencari karakternya sendiri.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini