Mengenal DreadOut, Video Game Indonesia Yang Berhasil Menarik Lirikan Internasional

Mengenal DreadOut, Video Game Indonesia Yang Berhasil Menarik Lirikan Internasional
info gambar utama

DreadOut merupakan video game horor garapan Digital Happiness, sebuah studio lokal yang berbasis di Bandung. Sebagai hasil karya anak Indonesia, permainan ini menghadirkan latar Indonesia dan juga berbagai makhluk-makhluk dari kepercayaan warga Indonesia.

DreadOut bercerita tentang sekelompok pelajar yang terpaksa masuk ke sebuah kampung yang terbengkalai ketika mereka sedang melakukan karyawisata. Dalam kampung tersebut, Linda dan kawan-kawan terperangkap dalam sebuah sekolah yang berhantu dan mereka terpisah satu sama yang lain. Linda yang dibekali telepon genggamnya kini harus berusaha mencari teman-temannya dan juga mencari jalan untuk keluar dari tempat mengerikan itu.

Dari segi permainan, DreadOut berhasil menghasilkan suasana mencekam dengan elemen video game horor era 90-an seperti Fatal Frame. Yang mengagumkan, kombinasi tersebut tampaknya berhasil menarik perhatian media luar.

Sorotan pertama akan video game lokal ini datang dari para internet personalities di YouTube. Serial video gameplay DreadOut dari Felix Kjellberg alias Pewdiepie mendapat lebih dari 30 juta views. YouTuber lainnya yang juga menyorot game ini mencakup Mark Fischbach alias Markiplier, Arin Hanson alias Egoraptor, Dan Avidan, dan masih banyak lagi. Media luar seperti Polygon, Rock Paper Shotgun, dan juga Bloody Disgusting juga tidak ketinggalan dalam memberikan ulasan untuk DreadOut.

Dari segi prestasi, tentunya ada banyak yang dapat dibanggakan dari permainan ini. Tidak hanya mendapat banyak sorotan dari luar dan dalam negeri, DreadOut juga sempat dinominasikan dalam penghargaan Indie Of The Year 2014 oleh INDIEDB dan juga dinominasikan dalam penghargaan FEAR Awards sebagai Scariest Game of the year 2014 serta Best New Horror IP of the year 2014. Walaupun tidak memenangkan ketiga penghargaan di atas, kelanjutan serial DreadOut dan prestasinya masih jauh dari berakhir.

Tahun 2018 ini menjadi tahun yang unik untuk keberlangsungan seri DreadOut. Pertama, DreadOut mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sekuel, walau tanggal rilis dari permainan tersebut masih belum ditetapkan.

Kedua, cerita DreadOut akan diangkat ke layar lebar oleh Sutradara Kimo Stamboel dan akan menghadirkan Jefri Nichol serta Caitlin Halderman. Video trailer dari film DreadOut sendiri diunggah pada 23 September 2018 di YouTube dan dikabarkan akan hadir di layar lebar pada Januari 2019. Menyusul 2 pengumuman besar tersebut, DreadOut juga mengembangkan serial mereka ke ranah komik online bersama dengan CIAYO Comics.

Dari rangkaian kejadian di atas, bukan nggak mungkin DreadOut kembali membuat kejutan dan kembali membawa nama Indonesia ke dunia internasional nantinya.

Sumber: Tech In Asia Indonesia | Detik | Duniaku | Steam | Polygon

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini